Sertijab, Rektor Baru ITERA Prioritaskan Peningkatan Akreditasi Hingga Kemandirian Kampus

KBRN, Lampung Selatan: Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Periode 2022 – 2026 Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha mengusung visi ITERA menuju kampus mandiri kuat bermaslahat dan bermartabat. Hal tersebut dipertegas dalam beberapa prioritas yang akan dilakukan, mulai dari peningkatan akreditasi prodi dan institusi, peningkatan kualitas staf dosen dan non dosen, peningkatan nilai rewarding baik intangible maupun tangible, hingga perbaikan dan penambahan fasilitas sarpras akademik. 

Selain itu, Rektor I Nyoman juga menyebut ITERA akan mulai merintis kemandirian pendanaan jangka panjang melalui hilirisasi inovasi baik dalam bentuk teaching factory, teaching clinic, dan teaching consulting. Merintis kemandirian SDM melalui skema NIDK termasuk program profesor emeritus membangun bangsa, turut mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui program pendidikan dinamis dan kreatif, hingga penguatan program SDG terkait isu global dengan contoh etalase kampus cerdas, modern, ramah insan, dan lingkungan.

“Mohon doa,dukungan, dan bantuan kerjasama untuk bisa memaksimalkan capaian dari ikhtiar tersebut, semoga pertolongan Allah SWT memberkati ITERA sebagai kampus ramah, maslahat, modern bermarwah dunia,” ujar Prof. I Nyoman, saat menyampaikan pidato perdana usai melakukan Serah terima jabatan rektor, di Aula Geudung Kuliah Umum ITERA, Rabu, 6 Juli 2022.

Serah terima jabatan Rektor ITERA Periode 2022 – 2026 dihadiri oleh perwakilan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI yang diwakili Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Dr. Ir. Mustangimah, M.Si., Rektor ITERA Periode 2021 – 2022 Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., Ketua Senat ITERA Prof. Dr. Sukrasno, M.S., perwakilan pemerintah daerah se Provinsi Lampung, dan Sumatera, rektor perguruan tinggi di Lampung, mitra bisnis, serta sivitas akademika ITERA. Serah terima jabatan diawali dengan penandatanganan berita acara, dan dilanjutkan penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Rektor ITERA Periode 2018 – 2022, buku tentang Rektor ITERA Periode 2021-2022 berjudul Mitra Djamal Bapak Pendidikan ITERA, dan kenang-kenangan berupa lukisan rektor ke-2 ITERA. 

Dalam pidatonya, Dr. Ir. Mustangimah, M.Si., mengapresiasi atas berjalannya suksesi pergantian kepemimpinan ITERA yang dinilai sangat kondusif. Sesuatu yang menurut Mustangimah perlu dibudayakan, dan ditradisikan di ITERA. 

Mustangimah juga menyampaikan beberapa pesan kepada Rektor baru ITERA, diantaranya, menjadi rektor adalah sebagai akademik leader, yaitu menjalankan tri dharma pendidikan tinggi. Namun, rektor juga sebagai corporate leader, menjadi etintas usaha yang memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang sebaik-baiknya dengan melibatkan sivitas akademika. Selain itu, Rektor juga perlu terus meningkatkan kinerja dengan mengacu kepada indikator kinerja utama perguruan tinggi, dan melaksanakan tata kelola perguruan tinggi yang baik, serta menjadi pemimpin yang melayani.

“Salah satu kabar baik, ITERA juga mendapatkan pengecualian dalam moratorium pembentukan fakultas, dan berkesempatan untuk mengembangkan fakultas, dan telah disetujui usul pembentukan fakultas,” ujar Mustangimah.

Sementara Rektor ITERA Periode 2021 – 2022 Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., selain menyampaikan selamat bekerja kepada Rektor baru ITERA juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung ITERA untuk dapat berkembang dengan cepat menjadi salah satu institut teknologi terbaik di Sumatera, dan nasional.

“Terima kasih telah bersama-sama bekerja keras, dalam menjalankan program-program kemajuan untuk mendukung visi dan misi ITERA menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya.” Tutup Prof. Mitra Djamal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar