Bupati Lamtim, Dawam: Bunda Literasi Harus Tingkatkan Minat Baca dan Menulis

Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Lampung Timur/Foto: Istimewa

KBRN, Lampung Timur: Membudayakan minat membaca, menulis, berbicara dan  memecahkan masalah merupakan salah satu kemampuan dalam memaknai teknologi secara kritis.

Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariyah Dawam Rahardjo, mengatakan Bunda Literasi diharapkan menjadi motivator yang mampu berperan di masing-masing kecamatan, khususnya dalam membudayakan minat baca dan menulis.

"Tentu untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan peran serta lingkungan, orang tua dan masyarakat," kata Yus Bariyah, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, saat ini istilah literasi sudah tak asing lagi, karena secara terus menerus digaungkan oleh masyarakat.

"Artinya setiap individu harus punya kemampuan literasi dasar. Tingkat literasi masyarakat memiliki korelasi yang positif dengan kualitas hidup dan kemajuan suatu bangsa. Semakin tinggi literasi maka semakin tinggi pula peradaban bangsanya," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, menyampaikan Bunda Literasi kecamatan se-Lampung Timur, akan banyak mengemban tugas yang diberikan.

"Mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencintai budaya membaca dan  menulis. Karena dengan literasi anak-anak kita akan mendapat ilmu yang bermanfaat," paparnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mengukuhkan 24 Bunda Literasi se-Kabupaten Lampung Timur masa bhakti 2022-2024, pada 5 Juli 2022.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan selendang literasi kepada 24 Bunda Literasi dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Usai pengukuhan dilanjutkan Dialog Interaktif mengangkat tema “Penguatan Peran Sisi Hulu Dalam Rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar