Way Kanan Dipastikan Bebas dari Wabah Penyakit Hewan Ternak PMK

Petugas dari Dinas PTPHP Kabupaten Way Kanan sedang melakukan Penyemprotan Kandang Ternak

KBRN,Way Kanan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan melalui dinas Dinas Pertanian Tanaman pangan Holtikultura dan Peternakan  (PTPHP ) sangat serius untuk menjadikan Way Kanan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku adalah dengan melakukan vaksinasi.

Kepala Dinas PTPHP Kabupaten Way Kanan, Maulana Muhidan kepada rri.co.id, Selasa (5/07/2022) pihaknya telah melakukan Vaksinasi kepada 2.000 ternak dari 27 Juni hingga 3 Juli 2022  yang difokuskan ke daerah perbatasan dengan Way Kanan yaitu Kecamatan Negeri Besar, Kecamatan Negara Batin, Bahuga, Buay Bahuga, Bumi Agung, Way Tuba, Negeri Agung, Baradatu dan Banjit.

"Vaksin PMK berasal dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Lampung" Jelas Maulana.

Maulana juga mengatakan selain vaksinasi, pihaknya menghimbau peternak agar senantiasa menjaga ternak peliharaannya, dengan selalu memperhatikan kebersihan serta sanitasi kandang dan lingkungan. 

Selain itu ternak terus diberikan asupan pakan tambahan untuk menjaga daya tahan dan meningkatkan imun tubuh ternak.

Maulana juga menjelaskan hingga saat ini Kabupaten Way Kanan bebas dari penyakit PMK, Sedangkan  ketersediaan (Stock) ternak terutama untuk Qurban cukup aman, dapat memenuhi permintaan untuk dikirim ke berbagai daerah baik di dalam Provinsi Lampung maupun keluar Provinsi Lampung dengan dilengkapi dokumen yang lengkap dan legal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar