Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Lampung Selatan Gelar Ajang Pemilihan Muli Mekhanai tahun 2022

KBRN, Lampung Selatan: Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar acara ajang pemilihan Muli Mekhanai tahun 2022.acara yang berlangsung di Aula Rimau Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPEDA) di buka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Yusri S.E, M.M.

Melalui agenda tahunan itu Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan memberikan kesempatan kepada generasi muda remaja putra dan putri Lampung Selatan agar bisa berpartisipasi menunjukan bakat dan kemampuannya untuk menjadi Duta Wisata Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan Ir. Mulyadi saleh S.Sos dalam laporan nya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan pemilihan Muli Mekhanai tahun 2022 yakni, surat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung No : 005/099/V/2022/tanggal 24 Mei 2022 tentang kegiatan Muli Mekhanai.

Diketahui, tujuan dari pelaksanaan kegiatan adalah mengajak para generasi muda putra-putri untuk dapat berpartisipasi dalam memajukan sektor pariwisata Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan mengikuti serangkaian pemilihan dengan menunjukan bakat serta kemampuan yang dimiliki untuk menjadi Duta wisata Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022,” ungkapnya Mulyadi.

Sebanyak 50 peserta mengikuti pendaftaran yang dimulai dari tanggal 13 Juli – 23 Juni 2022 yang dilanjutkan dengan tahap seleksi berkas hingga tersaring sebanyak 41 peserta yang terdiri dari 18 Mekhanai dan 23 Muli.

Selanjutnya, Muli Mekhanai yang lolos babak penyaringan akan mengikuti tahapan penyeleksian yang dilaksanakan dari tanggal 28 Juli -1 Juli 2022, Sedangkan untuk grand finalnya akan dilaksanakan pada Jum’at 1 Juli 2022.Staff Ahli Bupati Bidang Keuangan Yusri S.E, M.M mewakili Bupati Lampung Selatan dalam Sambutanya menyampaikan, apresiasi kepada semua pihak terkait, terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan yang telah mengagendakan ajang pemilihan Muli Mekhanai menjadi event tahunan.

“Kegiatan event seperti ini harus dikelola secara baik jangan hanya dijadikan acara seremonial saja, akan tetapi melalui event ini diharapkan bisa melahirkan generasi muda yang handal dan berprestasi dalam bidangnya, terutama terkait dalam hal mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah Kabupaten Lampung Selatan,” jelas Yusri.

Kabupaten Lampung Selatan memiliki banyak potensi wisata daerah yang belum bisa dikelola dan ditangani dengan baik, bahkan juga banyak yang terbengkalai. Untuk itu dibutuhkan kepedulian dan keseriusan dari kita semua dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada.Ajang pemilihan Muli Mekhanai ini merupakan ajang kompetisi bergengsi bagi para generasi muda sebagai upaya dalam menggali potensi dalam mengembangkan kepribadian, keramahtamahan serta wawasan yang lebih luas kedepan.

“Diharapkan kedepannya putra putri Lampung Selatan yang terpilih dapat berpartisipasi aktif menjadi duta wisata Kabupaten yang mampu mendorong dan mempromosikan berbagai potensi wisata dan berbagai bidang lainya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya.

Melalui event ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan para generasi muda dalam bidang seni budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Karena selanjutnya para peserta Muli Mekhanai yang terpilih ini nantinya akan mewakili Lampung Selatan dievent tingkat provinsi maupun tingkat Nasional,” harapnya lagi.

Yang terpenting dalam kegiatan event ini para muli Mekhanai harus dapat berperan aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan berbagai potensi yang ada di wilayahnya.Selain potensi wisata dan seni budaya mereka juga harus bisa mengenalkan potensi ekonomi kreatif lainnya yang dapat menunjang serta meningkatkan perekonomian daerah.

“Kedepan Lampung Selatan akan memiliki tempat pariwisata yang membanggakan yaitu, Pariwisata Terpadu Bakauheni yang akan menjadi obyek wisata termegah, dengan akan adanya berbagai pembangunan infrastruktur seperti gedung-gedung perhotelan dan sarana penunjang lainya,” tambahnya.Menutup Sambutannya, Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung Selatan tersebut meminta untuk para Muli Mekhanai yang terpilih untuk dapat menjadi duta wisata Kabupaten Lampung Selatan yang profesional, berpengetahuan luas, memiliki tatakrama yang baik, dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan visi dan misi Kabupaten Lampung Selatan.

“terakhir, saya meminta untuk Muli Mekhanai yang terpilih nantinya dapat berperan dalam mempromosikan berbagai obyek dan potensi wisata untuk menjadi daya tarik demi kelanjutan pembangunan Lampung Selatan yang lebih baik dan lebih maju terutama dalam dunia pariwisata,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar