Ribuan Sapi Di Tulang Bawang Mulai Mendapatkan Vaksin PMK

Untuk mencegah PMK, ribuan sapi di Kabupaten Tulang Bawang mulai mendapatkan vaksin/Foto: dok Dinas Peternakan Tuba

KBRN, Tulangbawang: Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Pertanian mulai melakukan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi 1.000 ternak sapi milik warga di Kampung Bawang Tirto, Kecamatan Banjar Baru, Tulang Bawang.

Warga Kampung Bawang Tirto, Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, karena telah melakukan vaksin PMK terhadap hewan ternak khususnya sapi.

"Kami warga peternak berterima kasih kepada pemerintah yang langsung memberikan vaksin PMK untuk sapi," tutur salah satu peternak sapi di daerah tersebut, Julianto, Kamis (30/6/2022).

Dirinya berharap, ternak sapi miliknya dan seluruh hewan ternak di Kabupaten Tulangbawang diberikan kesehatan dan  keselamatan.

"Ya kami khawatir, was was dan takut dengan mewabahnya PMK di Kabupaten Tulangbawang ini," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang, Nurmansyah menjelaskan vaksin PMK untuk hewan ternak dilakukan agar hewan ternak yang ada mendapatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari PMK.

"Kabupaten Tulang Bawang ini mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 3.000 dosis untuk 3.000 ekor hewan ternak," kata Nurmansyah.

Meskipun begitu, Nurmansyah mengaku dosis vaksin yang diterima belum memadai, karena populasi hewan ternak di Kabupaten Tulang Bawang cukup banyak.

"Oleh karena itu, kami berharap nantinya akan ada tambahan dosis vaksin untuk Kabupaten Tulang Bawang, karena populasi hewan ternak kami jumlahnya  cukup banyak," pungkasnya.

Sejauh ini tercatat ada 300 lebih hewan di Kabupaten Tulang Bawang terjangkit PMK dan masih dalam proses penyembuhan, Sementara lima hewan ternak lainnya diantaranya mati, lantaran terjangkit PMK.

Berdasarkan data, populasi ternak sapi dan kambing di Kabupaten Tulang Bawang total tercatat mencapai 38 ribu ekor.

Nurmansyah memastikan, 3.000 dosis vaksin yang diterima akan didistribusikan ke delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Menggala sebanyak 200 dosis, Menggala Timur 500 dosis, Banjar Baru 150 dosis, Banjar Margo 250 dosis, Gedung Aji 500 dosis, Meraksa Aji 600 dosis, Penawar Aji 600 dosis, dan Gedung Aji Baru sebanyak 200 dosis.

Alokasi tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan populasi sapi terbanyak dan hasil pemetaan atau tracking di berbagai wilayah, khususnya di wilayah perbatasan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar