Hewan Sehat Di Zona Merah PMK Jadi Prioritas Vaksinasi

KBRN, Bandarlampung: Kementerian Pertanian RI menyatakan pemberian vaksin PMK diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah wabah PMK.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Lampung, Selasa(28/06/22), mengatakan, vaksinasi PMK bagi hewan ternak untuk mencegah penyebaran PMK akan terus dilakukan terutama menjelang hari raya Idul Adha.

Hingga saat ini dikatakan Syahrul, dari 3 juta vaksin yang dimiliki Indonesia, sudah 800 ribu lebih vaksin yang telah disuntikkan.

Menurutnya, pemberian vaksin tidak bisa dilakukan sembarangan, pemberian vaksin PMK diprioritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah wabah PMK, karena dikhawatirkan jika diberikan di daerah berstatus hijau penyakit PMK, justru akan membawa wabah ke daerah itu.

Mentan mengakui jumlah daerah yang terdampak penyebaran bertambah, namun tidak seluruh hewan ternak di dalam daerah itu terkena.

Lebih lanjut dikatakan, PMK merupakan virus yang berkembang cepat, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebarannya, selain melakukan isolasi dan pemberian makanan bergizi untuk meningkatkan imun hewan ternak.

"Kita sekarang ini memiliki 3 juta vaksin dan sekarang ini kita akan dilakukan Insyaallah sebelum idul qurban saja sudah 800.000 dan terus berkembang dan terus berkembang," ujar Kementan

Terkait penambahan jumlah dosis vaksin untuk provinsi Lampung, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, pihaknya akan berupaya menyalurkan vaksin sebanyak mungkin ke seluruh daerah bukan hanya di Lampung, Kementan juga saat ini tengah membuat vaksin PMK sendiri di Pusat Veteriner Surabaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar