JCH Termuda Asal Lampura Siap Berangkat ke Tanah Suci

Ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Lampung Utara mengikuti manasik/Foto: Istimewa

KBRN, Lampung Utara: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Utara memastikan, sebanyak 225 jemaah calon haji (JCH) siap diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dari 225 JCH itu, JCH tertua saat ini berusia 64 tahun, dan JCH termuda berusia 27 tahun.

Jemaah calon haji termuda asal Lampung Utara, Yoga, warga Bunga Mayang menuturkan dirinya bersyukur tahun ini akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji setelah sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, bersyukur bisa berangkat tahun ini mas," tutur Yoga, Kamis (26/5/2022).

Dia mengaku, keberangkatannya ke Tanah Suci tak lepas dari peran orang tuanya yang telah mendaftarkan dirinya bersama anggota keluarganya pada tahun 2010.

"Saat saya didaftarkan orang tuanya, saya baru duduk di bangku kelas 3 SMP. Gak nyangka bisa berangkat tahun ini, karena sempat tertunda akibat pembatasan dampak pandemi Covid-19 di seluruh dunia," tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Totong Sunardi menjelaskan, sebanyak 225 JCH yang dipastikan berangkat ke Tanah Suci dan akan bergabung dengan kelompok terbang (Kloter) dari daerah lain di Provinsi Lampung.

"Jumlah jemaah kita hanya 225 orang, maka JCH akan digabung dengan daerah lain, karena dalam satu kloter jumlahnya 406 orang," kata Totong.

Sementara itu, Bupati Lampung Utara, Budi Utomo berpesan kepada seluruh jemaah calon haji untuk memperhatikan beberapa hal sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Saya pesan, JCH harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan, karena Ibadah Haji ini butuh fisik yang prima," kata Budi Utomo.

Selain itu, Budi Utomo juga meminta seluruh JCH asal Lampung Utara disiplin dan sedapat mungkin tidak berpisah dengan masing-masing kelompoknya.

"Pesan saya selanjutnya, semua (JCH) harus disiplin. Jangan sampai pisah apalagi sampai ketinggalan kelompok," pungkasnya.

Sebelum masuk ke asrama haji dan berangkat ke Tanah Suci, 225 JCH ini telah mengikuti manasik haji 1443 Hijriah, yang dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor, Kelapa Tujuh, Kotabumi Selatan.

Manasik haji ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 24-25 Mei 2022. 225 JCH yang dipastikan berangkat ke Tanah Suci ini sudah terdaftar sejak 10 tahun silam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar