Covid-19 Melandai, Wahdi: Vaksinasi di Kota Metro Terus Ditingkatkan

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin ketika memberikan keterangan kepada wartawan/Foto: dok istimewa

KBRN, Bandarlampung: Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi perkembangan kasus Covid-19.

Berdasarkan catatan selama 6 minggu terakhir, kasus Covid-19 di Kota Metro mengalami penurunan dengan jumlah kasus di angka nol.

"Ini menggambarkan bahwa apa yang diprediksi oleh pakar epidemiologi mendekati Juni terus mengalami penurunan. Mudah-mudahan Kota Metro akan memasuki masa endemi," kata Wahdi di Guest House Rumah Dinas, Rabu (25/05/2022).

Menurut Wahdi, meskipun kasusnya menunjukkan penurunan, namun kondisi tersebut harus disikapi dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Selain itu dia juga meminta kepada seluruh OPD untuk terus menggenjot vaksinasi, lantaran dirinya menargetkan vaksinasi bagi masyarakat dan lansia di Kota Metro harus mencapai di atas 60 persen.

"Vaksinasi untuk lansia kita berada di atas 60 persen," papar Wahdi.

Berdasarkan data, vaksinasi dosis I di Kota Metro 145,95 persen, dosis kedua  113,12 persen dan dosis ketiga 16,32 persen.

"Penguatan harus dilakukan dalam vaksinasi dosis ketiga yang belum mengalami peningkatan signifikan. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan boleh tidak mengunakan masker di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang, sesuai aturan dan kebijakan pengunaan masker di masa endemi," tegasnya.

Terkait pelayanan vaksinasi, Wahdi memastikan pemerintah bersama DPRD telah sepakat untuk dilaksanakan di pelayanan-pelayanan kesehatan yang ada di Kota Metro, mengingat Kota Metro akan melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

"Ini untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi Covid-19. Saya mengingatkan untuk terus menjaga protokol kesehatan. Ini agar Kota Metro tetap berada di level I saat hari jadi ke-85 pada 9 Juni nanti," pungkas Wahdi.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2022 Kota Metro Masuk pada Level I yang berlaku 14 hari dari 20 Mei sampai 6 Juni 2022 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar