Topang Ekonomi Umat, Majelis Dzikir At-Thohir Tanggamus Akan Dirikan Koperasi Syariah

KBRN, Tanggamus: Ketua Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung Ustadz Amri mengatakan, kesejahteraan umat di Kabupaten Tanggamus menjadi bagian dari tanggaung jawab bersama. 

Hal itu dikatakan Ustadz Amri dalam sambutannya di acara tabligh akbar Majelis Dzikir At-Thohir yang dilaksanakan di Islamic Center Kota Agung Tanggamus, Lampung, Minggu (22/05/22). 

Olehnya itu dikatakan Ustadz Amri, bersama pengurus Majelis Dzikir At-Thohir yang baru saja dilantik akan membentuk koperasi syariah agar para jamaah (ibu-ibu) bisa mengembangkan usaha-usaha mereka. 

“Kami berencana membuat koperasi syariah agar ibu-ibu jamaah pengajian, dan para pengurus bisa buat usaha. Kita kasih modal dan mereka usaha kripik atau apa aja asalkan modal gak hilang dan keuntungan buat mereka,” kata Ustadz Amri.

Menurut Ustadz Amri, kehadiran Majelis Dzikir yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir ini mendapat sambutan baik dari masyarakat (umat) maupun Pemerintah.

Sambutan ini, kata Ustadz Amri terlihat dari antusiasnya masyarakat untuk ikut menghadiri tabligh akbar, santunan ratusan anak yatim-piatu, bantuan dana ke masjid dan pindok pesantren, serta pelantikan pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Kabupaten Tanggamus.

“Semua masyarakat Tanggamus semangat dengan hadirnya Majelis Dzikir At-Thohir ini, karena sekitar dua tahun lebih pengajian diliburkan dan saat dibuka semua pada semangat,” ujarnya.

Salah satu program kerja pengurus Tanggamus yang sudah disepakati bersama adalah mengadakan pengajian serupa tiga bulan sekali di setiap Kecamatan.

Lebih jauh Ustadz Amri menjelaskan, kegiatan-kegiatan sosial juga akan menjadi prioritas pengurus Majelis Dzikir At-Thohir Tanggamus.

“Ke depan kita akan mengadakan pengajian keliling karena kepengurusan dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat kecamatan, ada 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Tak hanya kegiatan agama yang kami jalankan, tapi juga kegiatan sosial,” ucapnya.

“Pada intinya kami seluruh pengurus berniat membesarkan Majelis Dzikir At-Thohir ini, dengan cara bersilaturahmi tak henti lewat pengajian tiga bulan sekali serta mengembangkan ekonomi syariah,” tambahnya.

Ramlah (57) salah seorang jamaah tabligh akbar mengapresiasi kegiatan ini, karena dua tahun lebih acara-acara keagamaan tidak diizinkan karena pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah sudah diadakan tabligh akbar di Kota Agung. Terima kasih kepada Majelis Dzikir At-Thohir yang sudah membuat tabligh akbar. Semoga lewat kegiatan ini kita terus memperbaiki diri, dan selalu mengingat Allah SWT,” ujar Ramlah.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Tanggamus, Muhaimin Sastra Negara menuturkan, kehadiran Majelis Dzikir At-Thohir ini mendapat sambutan baik dari Pemerintah daerah.

Menurut Muhaimin, Bupati Tanggamus Dewi Handjani mestinya hadir dalam acara ini, namun dirinya harus menghadiri kegiatan di Provinsi yang tidak bisa diwakilkan.

“Saya mau sampaikan salam dari Ibu Bupati yang berkeinginan hadir bersama kita, namun ada kegiatan di Provinsi dan tidak bisa diwakilkan. Semoga kegiatan tabligh akbar dan Dzikir bersama ini membawa manfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” ujarnya. 

Terkait dengan perencanaan dibuatnya koperasi syariah oleh pengurus Majelis Dzikir At-Thohir untuk mengembangkan UMKM masyarakat Tanggamus, Muhaimin memastikan disambut baik oleh Pemerintah karena rencana tersebut sangat positif.

Hal itu, kata Muhaimin sangat tepat dengan kendala yang dialami oleh UMKM saat ini, yakni kurangnya suntikan dana.

“Soal perencanaan koperasi syariah kami menganggap itu hal yang positif kalau ingin membantu UMKM, karena di Kabupaten Tanggamus ini masih banyak UMKM yang perlu adanya suntikan dana untuk mengembangkan UMKM maupun usaha rumahan dan usaha kecil masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, pengurus pusat Majelis Dzikir At-Thohir Ustadz Syafwatillah Muhzaib, Koordinator Lampung Syamsir, Staf Ahli Bupati Tanggamus Muhaimin sastra Negara, perwakilan Kapolres Tanggamus AKP Sugeng. S, perwakilan Dandim Tanggamus, Camat Kota Agung, KUA Kota Agung dan ribuan jamaah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar