Anggota Satgas TMMD Ke-113 Mulai Membawa Perubahan Di Tengah Lingkungan Masyarakat

KBRN, Pesisir Barat: Kehadiran personel TNI di daerah pelaksanaan kegitan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 TA. 2022 Kodim 0422/LB mulai membawa perubahan di lingkungan masyarakat.

Bukan hanya melaksanakan kegiatan pembangunan fisik dan non fisik, tetapi kehadiran Satuan tugas (Satgas) juga ikut menolong kegiatan ekonomi masyarakat miskin, terutama keluarga yang sudah menjadi orangtua angkat mereka selama kegiatan TMMD.

Serda Satria yang merupakan salah satu anggota satgas TMMD KE-113 TA. 2022, yang tinggal di rumah masyarakat yang lanjut usia yakni Bu Rodiah, prajurit ini juga dapat merasakan bagaimana hidup dan tinggal dengan ibu asuh berekonomi sulit.

"Pagi hari sebelum berangkat ke lokasi kegiatan sasaran fisik, saya menyempatkan membantu mengupas buah pinang Bu Rodian Bersama Anggota Saya," tutur Serda Satria, Jum'at (20/05/2022).

Apa pekerjaan dan apa yang dimakan keluarga angkat tempat mereka tinggal, itu juga pekerjaan dan makanan mereka walau pun hanya satu bulan, beban keluarga berkurang karena anak angkat ini yang memberi belanja harian. 

Hadirnya seorang anak dalam sebuah keluarga secara logika saja kita berpikir bahwa hal itu akan membawa kegembiraan bagi orangtua.

Pada pelaksanaan TMMD Ke-113 Kodim 0422/LB dipusatkan Di Pekon Sukamaju Kec. Ngaras Kab. Pesisir Barat, kegiatan fisik pembukaan jalan 1100 meter, pembuatan Saluran Air, Pemasangan Gorong-gorong Dan Perehaban Masjid. 

Kemudian kegiatan non fisik berupa Penyuluhan Narkoba, penyuluhan Tentang bencana alam dan banyak kegiatan lain yang dimanfaatkan dalam waktu luang oleh tim satgas dalam membantu warga setempat. 

Pekerjaan itu dilaksanakan 30 hari atau satu bulan dan seluruh anggota satgas tinggal di rumah-rumah warga, berbaur dengan masyarakat, membangun bersama masyarakat dan ini salah satu strategi memupuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dansatgas TMMD Ke-113 Kodim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo mengatakan personel satgas selama 30 hari tinggal dan menetap di rumah-rumah penduduk ini dimaksudkan agar terjalin hubungan emosional antara warga dengan personel satgas.

"Semoga dengan hadirnya TMMD di Pekon Suka Maju ini memberikan nuansa tersendiri bagi warga dalam upaya membangun solidaritas, kekompakan dan budaya gotong royong," pungkas Dansatgas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar