Melalu RRI, Wahdi Paparkan Upaya Pelestarian Budaya di Kota Metro

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin berbincang santai dengan Kepala LPP RRI Bandarlampung, Drs. H. Zahral Mutzaini, MM/Foto: RRI

KBRN, Metro: Walikota Metro melakukan talkshow bersama RRI Bandarlampung, dengan bahasan seputar Kota Metro, di Ruang Guest House, Rumah Dinas Walikota, Selasa (17/05/2022).

Dalam kesempatan itu, Wahdi menyampaikan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melestarikan budaya, dan juga artefak yang ada di Kota Metro.

Salah satunya penetapan Dokter Swoning sebagai cagar budaya, yang merupakan upaya mendukung visi Metro sebagai Kota yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.

"Melalui penetapan ini, Kota Metro menjadi daerah pertama di Lampung yang menetapkan cagar budaya. Cagar budaya yang telah ditetapkan menjadi bukti otentik perjalanan panjang sejarah kota ini. Upaya pemerintah daerah dalam menetapkan statusnya sebagai cagar budaya, menunjukkan keseriusan dalam melindungi dan menjaga identitas Metro sebagai kota sejarah," papar Wahdi.

Dia melanjutkan, warisan budaya atau cagar budaya perlu dibina, dilindungi dan dilestarikan. Hal tersebut menjadi kewajiban bagi semua pihak, untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Tidak hanya itu saja, Wahdi juga menjelaskan bahwa, Pemerintah Kota Metro selalu berupaya melalui berbagai program membentuk Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG).

Dimana untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pemahaman sejarah agar memahami perubahan peradaban dari masa ke masa, agar bisa lebih menghargai perjuangan tokoh yang berkontribusi dalam pembangunan.

"Karena melalui sejarah, kita dapat mengenalkan budaya, tradisi serta tokoh pahlawan dan permuseuman kepada generasi muda, yang diharapkan dapat mengenal dan mencintai budayanya sendiri dan dapat meneladani sikap patriotisme para pahlawan," tandasnya. 

Diketahui LPP RRI Bandarlampung menggelar Dialog Luar Studio. Dialog menghadirkan 2 narasumber, yakni Walikota Metro Wahdi Siradjuddin.

Dalam dialog, Wahdi Siradjuddin didampingi Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo.

Kepala LPP RRI Bandarlampung, Drs. Zahral Mutzaini, MM, juga hadir bersama JFT Bidang Siaran dan Pemberitaan, serta sejumlah staf bagian SDM.

Selain itu, sejumlah kepala OPD Kota Metro, diantaranya Kepala BPKAD, Zulpikri, dan Kepala Bappeda Kota Metro, Anang Risgiyanto, juga nampak hadir.

Dialog Luar Studio ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke-85 Kota Metro yang akan jatuh pada tanggal 9 Juni 2022 mendatang.

Dalam rangka HUT ke-85 Kota Metro, berbagai komunitas siap menghelat serangkaian acara, diantaranya Pentas Seni, Ayam Ketawa, hingga Launching Buku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar