Bupati Pringsewu Resmikan Pulau Ratu Banjar

KBRN, Pringsewu : Pulau Ratu Banjar yang berada di tengah perairan Waduk Way Sekampung diresmikan oleh Bupati Pringsewu Sujadi, Minggu (15/05/22).

Peresmian pulau yang terbentuk secara alami di tengah-tengah genangan waduk ini ditandai dengan pengguntingan pita, pemotongan tumpeng sekaligus  pemasangan 13 patung duta besar negara-negara sahabat yang berkunjung ke Pringsewu pada tahun 2019 lalu, yakni Dubes Peru Mr. Julio Cardenas, Dubes Armenia Ms.Dziunik Aghajanian, Dubes Yordania Mr. Abdallah Suliman Abdallah Abu Romman, Dubes Bangladesh Mr. Azmal Kabir, Dubes Polandia Mrs. Beata Stoczynska, Dubes Maroko Mr. Ouadia Benabdellah, Dubes Afrika Selatan Mr. Hilton Fisher, Dubes Rusia Ms.Lyudmila Vorobieva, Dubes Bahrain Mr. Mohamed Ghassan Mohamed Adhan Shaikho, CDA Kazakhstan Mr. Kairat Malayev, CDA Bulgaria Mrs. Alexandrina Guigova, CDA Afghanistan Mr. Zalmai Wafamal, CDA Yemen Mr. Mohamed Ali Saleh Al-Najar.

Sedangkan untuk patung duta-duta besar lainnya yang datang pada 2018, yakni Dubes Iraq Mr.Abdullah Hasan Saleh Alaawr, Dubes Serbia Mr.H.E. Slobodan Marinkovic, Dubes Qatar Mr.Ahmed Bin Jassim Al-Hamar, Wakil Dubes Negeri Belanda Mr Carel de Groot, Counsellor Oman Mr.Anwar Ahmed M. Muqaibal, Charge d’ Affaires Uzbekistan Mr.Mahmud Tohtiev dan Dubes Cambodia telah dipasang di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran.

Untuk menyeberang menuju Pulau Ratu Banjar tempat acara dilaksanakan, Bupati Pringsewu dan jajaran menaiki perahu motor dari Dermaga PODSI menuju Dermaga Ratu Banjar di pulau setempat dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 15 menit. Turut hadir mendampingi bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan, Kadispora dan Pariwisata Pringsewu Jahron, Kepala Badan Pendapatan Daerah Waskito, serta Kepala Unit Pengelola Bendungan (UPB) Way Sekampung Bambang Irwantoro,  jajaran Pramuka Kwarcab Pringsewu, Forum Koordinasi Pokdarwis serta Forum Peduli Waduk Way Sekampung Pringsewu.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengatakan seiring selesainya pembangunan Bendungan Way Sekampung ini, telah menyisakan suatu tempat atau kawasan di tengah waduk yang Inshaa Allah bermanfaat bagi bendungan dan waduk itu sendiri, baik untuk keamanan waduk maupun untuk kepariwisataan. "Terkait keberadaan pulau yang dinamakan Pulau Ratu Banjar, yang diambil dari nama kedua pekon atau desa yang menjadi  lokasi pembangunan Bendungan Way Sekampung ini yaitu Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Banjarejo, Kecamatan Banyumas, untuk nomenklaturnya akan diserahkan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung sesuai aturan yang ada", katanya.

Menurutnya, Pulau Ratu Banjar ini dapat dijadikan sebagai sarana  pemeliharaan dan pengembangan bagi Waduk Way Sekampung. "Bahkan, jika dikelola dengan baik, dapat berpotensi menjadi tempat wisata", pungkasnya. (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar