Pengurus Lasqi Lampung Selatan 2022-2026 Dilantik

KBRN, Lampung Selatan: Ketua Umum DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal melantik pengurus DPD Lasqi Kabupaten  Lampung Selatan masa bhakti 2022 – 2026, Selasa(25/1/22).

Pada kesempatan itu, Riana berharap di bawah kepengurusan yang baru bisa meningkatkan kinerja kepengurusan, baik di tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan.

Menurut Riana, Lasqi beraktifitas secara nasional sejak Tahun 1970 dan merupakan suatu wadah yang menghimpun, membina serta mengembangkan berbagai corak seni musik Islami bermula dari seni  gambus atau yang dikenal juga dengan nama mawalan. 

“Lasqi memiliki hierarki kepengurusan mulai dari Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah, hingga Dewan Pimpinan Kelurahan/Desa. Ini artinya Lasqi ingin menjangkau seluas-luasnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara, sebab hanya dengan partisipasi aktif masyarakat Lasqi akan tumbuh dan berkembang besar,” ujarnya.

Riana juga berharap aktivitas dan produktivitas seni musik Islami di Kabupaten Lampung Selatan semakin semarak dan maju. 

“Maka hendaknya diikuti pula dengan pembentukan dan pelantikan pengurus Lasqi di  Tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa, sedangkan pengurus Lasqi kelurahan/desa menginventarisir dan melakukan pembinaan terhadap komunitas atau group-group musik Islami yang potensial di daerahnya. Dengan demikian pembinaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” kata Riana. Berkaitan dengan adanya ruang ekspresi atau festival, Riana mengatakan ke depan tetap dapat diselenggarakan.

“Insya Allah ke depan tetap dapat diselenggarakan. Festival Tingkat Provinsi merupakan ajang seleksi untuk memilih dan menetapkan Duta-duta Qasidah Provinsi Lampung yang akan dikirim ke Festival Tingkat Nasional, di mana pada tahun 2022 ini Festival Bintang Vokalis dan Pop Religi Tingkat Nasional akan diadakan di kota Medan Sumatera Utara. Sedangkan Lomba Tingkat Provinsi direncanakan pada bulan September Tahun 2022,” ujar Riana.

Sementara itu, Winarni Nanang Ermanto sebagai ketua terpilih mengungkapkan bahwa akan terus memegang teguh dan bertanggung jawab dengan amanah yang diberikan

“Insyaallah kepercayaan tugas serta amanah yang diberikan kepada kami akan kami jalankan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan program kerja Lasqi Lampung Selatan ke depannya dengan lebih meningkatkan seni qosidah di masyarakat baik ditingkat anak anak, remaja, atau ibu ibu,” kata Winarni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar