BPBD Himbau Masyarakat Berupaya Cegah Potensi Bencana

KBRN Bandar Lampung, BPBD Kota Bandar Lampung menghimbau masyarakat untuk melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi bencana yang berpotensi muncul pada cuaca ekstrim.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Bandar Lampung siap menghadapi cuaca ekstrem yang beberapa waktu belakangan melanda wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya. Terlebih jika cuaca ekstrem tersebut menimbulkan dampak serius seperti bencana banjir hingga tanah longsor.

Kepala BPBD Kota Bandar Lampung Syamsul Rahman mengatakan BPBD Kota Bandar Lampung telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG dalam upaya menghadapi potensi bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem saat ini. Syamsul Rahman mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap berbagai potensi bencana yang muncul pada puncak musim penghujan, khususnya pada wilayah yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.

"masyarakat, juga dihimbau untuk melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi bencana yang muncul", jelas Syamsul Rahman (14/01/2022).

Dalam upaya siaga bencana, BPBD Kota Bandar Lampung juga menyiapkan personel yang bersiaga di berbagai Kecamatan yang rawan bencana. Tidak hanya itu pihaknya juga mempersiapkan sarana prasarana pendukung sehingga melakukan patroli jika hujan turun lebih dari 30 menit.

Syamsul Rahman melanjutkan terdapat beberapa wilayah rawan banjir di kota Bandar Lampung yaitu Kecamatan Teluk Betung Selatan, Teluk Betung Timur, Kedamaian, Rajabasa, Sukarame, Sukabumi, Panjang dan Bumi Waras. Sedangkan untuk wilayah rawan longsor ialah Kecamatan panjang Kedaton Tanjung Karang Pusat Langkapura dan Teluk Betung barat.

Pihaknya juga melakukan patroli untuk mengecek wilayah yang terdapat pohon besar sehingga berpotensi tumbang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar