Hari Difabel Internasional 2021 : Wujudkan Partisipasi Penyandang Disabilitas

KBRN Bandarlampung, Hari Disabilitas International (International Day of Disabled Persons) diperingati setiap 3 Desember. Peringatan Hari Disabilitas dilakukan dalam rangka kampanye untuk mensejahterakan kaum difabel.

Tema Hari Disabilitas Internasional 2021 adalah kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju dunia pasca Covid-19 yang inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan. Ketua PERTUNI Provinsi Lampung, Supron Ridisno saat dihubungi RRI menjelaskan, peringatan tahunan Hari Disabilitas Internasional pertama kali diproklamasikan pada 1992 oleh resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"proklamasi tersebut bertujuan mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua bidang masyarakat dan pembangunan", jelas Supron Ridisno (06/12/2021).

Menurut Supron, peringatan Hari Disabilitas Internasional bertujuan meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Lebih lanjut dijelaskan, Supron Ridisno, Hari Disabilitas Internasional juga diperingati agar tidak ada diskriminasi kepada para difabel dalam mendapatkan akses kerja, kesehatan, dan kebutuhan sehari-hari yang sama.

Hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas merupakan hal yang terkadang dilupakan oleh masyarakat luas. Padahal penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpinya seperti masyarakat lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar