Ketua TP PKK Provinsi Lampung Lakukan Kunjungan Kerja Dan Pembinaan Organisasi Di Kota Metro

KBRN, Metro: Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pembinaan organisasi di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai Kota Metro, Kamis(02/12/21).

Setibanya di lokasi acara, Ketua TP PKK Provinsi Lampung melakukan Senam Lampung Berjaya dan Senam Metro Ceria bersama Walikota Metro, Ketua TP PKK Metro, Wakil Walikota, Kapolres Metro beserta Kader TP PKK dan Organisasi Kewanitaan Kota Metro.

Di awal kegiatan, Riana Sari Arinal melakukan Pelantikan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kota Metro & Kabupaten Lampung Timur Periode 2021 - 2026 serta Pelantikan Pengurus PMI Kota Metro.

Dalam kunjungan kerjanya yang ke-11 ke seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung ini, Riana Sari mengungkapkan bahwa kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”. Tema tersebut diambil guna mengingatkan bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama di masa pandemi ini.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kerjanya kali ini, selain  melaksanakan kegiatan TP PKK juga untuk melakukan pembinaan organisasi tingkat Kabupaten/Kota yang diketuai oleh Riana Sari Arinal dan dilaksanakan secara terintegrasi dengan 7 organisasi lainnya yaitu:

1. Dekranasda

- Pelatihan dan pengembangan perajin batik dengan motif unggulan batik ciprat, tapis, dan ecoprint di Sentra Metro Kreatif (Sekam)

2. Pokja PAUD

- Mewujudkan PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan.

- Satu kelurahan satu PAUD.

3. Pokja Literasi

- Kampanye literasi untuk meningkatkan minat baca.

- Program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal.

- Satu kelurahan satu perpustakaan/pojok baca desa.

4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial

- Meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang di sekitar kita.

- Pendampingan anak-anak yang kehilangan orang tua dampak pandemik Covid-19.

5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia

- Pendampingan bagi atlet wanita berprestasi

- Memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga

6. Yayasan Jantung Indonesia 

- Memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok)

- Pemeriksaan kesehatan secara berkala

7. Palang Merah Indonesia

- Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah 

- Percepatan cakupan vaksinasi

Riana Sari berharap melalui kunjungannya kali ini, antar organisasi dapat terjalin kerjasama dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. 

Terkait pandemi Covid-19, Riana Sari meminta agar kader-kader PKK menjadi pelopor perubahan dan bisa mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan.

"Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi, baik secara sosial, ekonomi maupun budaya," pungkas Riana Sari.

Riana Sari mengucapkan selamat bertugas kepada Ketua PMI Kota Metro Silfia Naharani Wahdi dan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Lampung Timur Huzaimah serta jajaran pengurus yang baru saja dilantik. Riana berpesan kepada seluruh jajaran untuk segera menyusun program kerja, serta menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan yang terkait.

"Lakukan inovasi, terobosan dan aksi nyata sehingga organisasi menjadi hidup serta dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak," pesan Riana Sari.

Di akhir acara, Riana Sari mengunjungi Stand-Stand organisasi kewanitaan, organisasi sosial dan UMKM Kota Metro diantaranya Stand TP PKK, LKKS, Pokja PAUD, Pokja Literasi, Perwosi, Dekranasda dan YJI Kota Metro.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Lampung memberikan sejumlah bantuan yaitu diantaranya bagi Pondok Pesantren dan Panti Asuhan berupa paket sembako, Rumah Pintar Margodadi berupa paket buku baca, Ibu Hamil dan Balita Kurang Gizi berupa 20 paket sembako, KWT Puji Lestari berupa 30 paket bibit tanaman, PKK Desa berupa 10 paket budidaya ikan dalam ember, Anak yang terdampak Covid berupa 20 paket sembako dan alat tulis.

Kemudian bagi Dekranasda Metro berupa paket alat membatik, Paud Metro berupa alat belajar, Pokja Literasi berupa 150 buku, LKKS Metro berupa 20 Paket sembako, Perwosi Metro berupa 10 paket alat sekolah, YJI Metro berupa 30 paket nutrisi tambahan, PMI Metro berupa 2 standing thermo.

Hadir dalam kegiatan ini Walikota Metro, Sekda Metro, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kota Metro, Ketua TP PKK, Dekranasda, Pokja Literasi, Pokja Bunda PAUD, YJI, dan PMI Kota Metro, Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Lampung Timur, serta Pengurus TP PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, Perwosi, YJI dan PMI Provinsi Lampung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar