Wabup Pringsewu Minta Kapekon Data Warganya Yang Bekerja Diluar Negeri

KBRN Bandarlampung, Wakil Bupati Pringsewu Dr.Fauzi meminta pemerintah pekon untuk mendata warganya yang bekerja di luar negeri. Baik itu tempat bekerja maupun tempat tinggal juga nomor yang mudah dihubungi selama bekerja di luar negeri beserta data-data penting lainnya.

Hal ini untuk memudahkan dalam melakukan penelusuran dan mendeteksi keberadaan pekerja migran tersebut bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Permintaan tersebut disampaikannya saat melakukan pembinaan aparatur pemerintahan pekon Panggungrejo di Balai Kemasyarakatan Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo.

Selain itu, Wabup Pringsewu didampingi Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub serta Sekretaris Kecamatan Sukoharjo Erly Yunarni meminta kapekon setempat untuk mengingatkan warganya yang akan bekerja ke luar negeri agar melengkapi berkas administrasi, baik kependudukan maupun dokumen lainnya yang dibutuhkan. 

"Serta melalui prosedur yang benar dan jalur yang resmi", pintanya.

Hal tersebut, kata Fauzi, semata-mata untuk menghindari pengiriman pekerja migran secara ilegal, yang berpotensi menimbulkan terjadinya tindak kejahatan kemanusiaan  berupa perdagangan orang (human trafficking). 

"Perlindungan terhadap pekerja migran merupakan kerja dan tanggungjawab bersama. Bahkan, kewenangan perlindungan pekerja migran saat ini bukan saja di pusat, tetapi juga di desa. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita cegah tindak kejahatan perdagangan orang yang biasanya diawali dengan pengiriman tenaga kerja ilegal ke luar negeri tanpa dilengkapi dokumen resmi", katanya. (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar