Disdukcapil Way Kanan Siap Melayani Perubahan Penghayat Kepercayaan Dikolom E-KTP

KBRN,Way Kanan: Sekelompok penghayat kepercayaan masyarakat Kabupaten Way Kanan kini bisa tersenyum setiap memandangi kartu tanda penduduk atau Kartu keluarganya, Ini disebabkan penghayat kepercayaan akhirnya merasakan buah dari perjuangan.

Secara bertahap, Pemerintah pusat melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) di tiap-tiap kabupaten/kota mengakomodasikan warga penghayat kepercayaan dalam identitas kependudukan.

Sejak mahkamah konstitusi (MK) mengeluarkan putusan pada 18 Oktober 2016, Para penghayat kepercayaan lain mengajukan perubahan identitas di kartu tanda penduduk dan keluarga.

Catur Agus Setiawan (30) Salah satu warga Kampung Setia Negaga, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan yang telah mengupgrade kolom E-KTP nya.Dirinya bersyukur kepada tuhan yang maha esa proses demi proses telah tuntas terkait perubahan di kolom E-KTP, Kini pejuang penghayat kepercayaan telah sampai di bumi ramik ragom kabupaten way kanan dalam nawungan disdukcapil.

Menurutnya, Ada beberapa kelompok warga kabupaten way kanan penghayat kepercayaan lain sudah mendapatkan KTP baru yang tidak mencantumkan kolom agama sebagai gantinya di KTP ada kolom kepercayaan yang tertulis (Kepercayaan Terhadap Tuhan YME.

“Bersyukur kepada tuhan yang maha esa proses demi proses telah tuntas terkait perubahan di kolom E-KTP, Kini pejuang penghayat kepercayaan telah sampai di bumi ramik ragom kabupaten way kanan dalam nawungan disdukcapil’’Jelas Catur.

Catur menjelaskan hal ini adalah salah satu hak-hak para penghayat kepercayaan terpulihkan, Mereka tidak lagi terpaksa mengisi KTP dengan satu di antara enam agama. Hanya, karena jenis kepercayaan begitu banyak diambil jalan tengah dengan menggunakan frasa kepercayaan terhadap tuhan yme Itu sesuai dengan sila pertama pancasila dan prosesnya butuh waktu bagi pemerintah pusat untuk mengeksekusi putusan MK tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Way Kanan, Paryanto kepada RRI, Jum’at (26/11/2021) mengatakan mengenai kolom penghayat kepercayaan di kolom E-KTP, Pihaknya membenarkan hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dukcapil Nomor : 471.14/10666/DUKCAPIL tanggal 25 Juni 2018 perihal penerbitan kartu keluarga bagi penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa.

Paryanto menjelaskan sesuai dengan surat edaran dirjen dukcapil bahwa dinas dukcapil way kanan sudah melayani untuk penerbitan KK dan KTP nya, dari yang awalnya di kolom agama – menjadi kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa.

“Benar sesuai dengan surat edaran dirjen dukcapil bahwa dinas dukcapil way kanan sudah melayani untuk penerbitan KK dan KTP nya, dari yang awalnya di kolom agama – menjadi kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa,”Jelas Paryanto.

Lebih lanjut Paryanto menjelaskan bagi warga yang dulunya memang menganut kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa, Namun di kolom KTP nya belum berubah dipersilahkan untuk mengajukan perubahan di disdukcapil Way Kanan pihaknya siap untuk melayani.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar