FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Wakapolda, Brigjend Pol Subianto: Capaian Vaksinasi di Lamsel Tertinggi

KBRN, Bandarlampung: Polda Lampung menilai capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan tertinggi dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi. Gebyar vaksinasi merupakan salah satu program polda dalam menanggulangi wabah Covid-19 di Provinsi Lampung.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subianto mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan masuk kategori terbaik, lantarannya capaiannya tertinggi dibandingkan dengan daerah lain. Hanya saja menurutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan, masih terkendala dengan droping vaksin dari pemerintah.

“Kita lihat di Lampung Selatan ini dari capaiannya sangat bagus dibandingkan dengan beberapa kabupaten yang lain,” kata Brigjen Pol Subianto.

Dia menjelaskan, gebyar vaksinasi di Kabupaten Lampung Selatan yang dilakukan Polda Lampung melalui Polres-Polres seluruh jajaran, merupakan program percepatan vaksinasi yang telah dilakukan sejak pekan kemarin.

Wakapolda menegaskan, kunci keberhasilan Kabupaten Lampung dalam menangani wabah Covid-19, karena kerjasama forkopimda dan stakeholder yang bahu-membahu menggerakkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

“Setelah saya lihat, di sini memang ada kata kuncinya, yakni kebersamaan. Di sini ada Pak Bupati, Pak Dandim, Bu Kajari, Pak Kapolres, dan Pengadilan saling membahu bersama stakeholder yang lain menggerakkan masyarakat untuk divaksinasi,” tandasnya.

Wakapolda Brigjen Pol Subianto menambahkan, capaian gebyar vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lampung, akan menjadi salah satu bahan kajian untuk program percepatan di daerah lain.

Diketahui, gebyar vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Lampung Selatan sejak Senin, 11 Oktober 2021.

Berdasarkan data dari KPCPEN Versi NIK, hingga Minggu, 17 Oktober 2021, capaian vaksinasi dosis 1 di Lampung Selatan sebesar 52,73 persen. Sedangkan data dari KPCPEN Versi Program pada hari yang sama sudah mencapai 48,38 persen.

Meski demikian, capaian vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Lampung Selatan masih tergolong rendah.

Data dari KPCPEN Versi Program, capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia baru mencapai 29,37 persen atau 21.479 sasaran dari jumlah sasaran seluruhnya sebanyak 73.134 sasaran.

Sedangkan berdasarkan data KPCPEN versi NIK pada hari yang sama, capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia baru mencapai 28,81 persen atau 21.069 sasaran dari total sasaran.

Untuk mengejar target minimal mencapai 40 persen vaksinasi lansia, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto memerintahkan seluruh jajaran serta stakeholder lainnya untuk bahu-membahu mengejar ketertinggalan tersebut.

Nanang Ermanto memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan, agar jajaran UPT menyisir sasaran vaksinasi lansia hingga ke tingkat dusun, berkoordinasi dengan aparatur desa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00