FOKUS: #PPKM MIKRO

Objek Wisata di Tanggamus Kembali Dibuka

Kadis Pariwisata dan Budaya Tanggamus, Retno Noviana Damayanti

KBRN, Tanggamus: Seluruh objek dan destinasi wisata di Kabupaten Tanggamus kembali dibuka mulai hari ini, Jumat, 24 September 2021.

Kepastian itu dituangkan dalam surat edaran (SE) nomor 556/277/39/2021 tentang pembukaan Objek Wisata yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tanggamus, Kamis, 23 September 2021 kemarin.

Kepala Dinas Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti, S.T, M.T mengatakan pembukaan objek wisata berdasarkan Surat Edaran Bupati Tanggamus Nomor 360-4298/01/2021 Tanggal 21 September 2021, tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 Berbasis Mikro.

SE Bupati juga mengatur pengoptimalan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat Pekon, Kelurahan, dalam rangka pengendalian penyebaran dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Tanggamus.

"Disampaikan kepada seluruh pengelola objek wisata di Tanggamus, terhitung mulai tanggal 24 September 2021, seluruh objek wisata kembali dibuka bagi wisatawan," kata Retno.

Retno melanjutkan, seluruh pengelola diwajibkan menerapkan protokol kesehatan 5M, secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi objek wisata, dan membuat banner kawasan wajib memakai masker dan telah divaksinasi, serta menyediakan sarana berupa alat pengukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan.

Selain itu, pengunjung wisata harus dapat menunjukan kartu vaksinasi sampai dengan dosis kedua kepada petugas, dan pembatasan kapasitas pengunjung sebanyak 25% dari kapasitas total destinasi yang dikelola.

"Pengelola objek wisata yang tidak dapat menerapkan protokol kesehatan di lokasi objek wisata sebagaimana yang telah disyaratkan, maka akan dikenakan sanksi berupa teguran dan penutupan kembali sementara, sampai dengan adanya perbaikan dalam hal penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00