FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Siswa di Tulang Bawang Gembira, Pemkab Gelar PTM Terbatas

Siswa di Tulangbawang saat mengikuti PTM terbatas/ist

KBRN, Tulangbawang: Seluruh sekolah di Kabupaten Tulang Bawang mulai dari tingkat PAUD hingga SMA telah melaksanakan PTM terbatas yang telah digelar secara perdana pada Senin, 6 September 2021.

Keputusan PTM terbatas yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang disambut gembira seluruh peserta didik.

Sebab setelah hampir dua tahun lamanya, siswa di semua jenjang pendidikan mengikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring, karena pandemi Covid-19.

Siswa jenjang PAUD hingga SMA di Kabupaten Tulang Bawang antusias dan menyambut gembira dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) yang dilakukan pemerintah secara terbatas.

“Senang karena bisa kembali belajar langsung di sekolah,” tutur Isna siswa SMP di Tulang Bawang.

Dia mengatakan banyak persiapan yang dilakukan saat mengikuti PTM pada hari pertama. “Ya banyak persiapannya. Tadi sebelum berangkat nyiapin buku, tas, dan seragam,” papar Isna.

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang, Winarti mengatakan, PTM digelar secara serentak di semua jenjang pendidikan.

“Mekanisme PTM terbatas ini diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, termasuk yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) selama kegiatan belajar mengajar (KBM berlangsung,” kata Winarti.

Meskipun demikian, Winarti memastikan, PTM terbatas dilaksanakan maksimal selama tiga jam dengan durasi setiap mata pelajaran maksimal 30 menit. “Kita atur waktu kegiatan belajar mengajar (KBM). Maksimal PTM 3 jam,” tegasnya.

Sama seperti di daerah lain, pelaksanaan PTM terbatas di Kabupaten Tulang Bawang juga dilakukan dengan menerapkan prokes yang sangat ketat.

Selain kursi yang disusun dengan jarak satu baris satu siswa, setiap peserta didik juga wajib mengenakan masker selama KBM di kelas berlangsung.

Untuk menghindari kerumunan, orang tua siswa hanya boleh mengantar anaknya sampai depan gerbang sekolah.

Meski PTM dilakukan secara terbatas, namun para siswa semangat menyimak guru saat menyampaikan materi pelajaran di kelas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00