Kecamatan Pagelaran Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

KBRN, Pringsewu: Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu mengadakan pelatihan pemulasaraan jenazah Covid-19. Pelatihan digelar di aula kecamatan dan diikuti oleh 44 petugas pekon, Selasa (3/8/2021).

Plt. Camat Pagelaran Parwanto menuturkan, pelatihan dilakukan agar pekon bisa melakukan pemulasaraan jenazah covid yang meninggal dunia saat isolasi mandiri. 

"Jadi kita berharap di Pekon ini, kalau ada kasus kematian warga yang isoman, itu nantinya jadi tugas pekon untuk melakukan pemulasaraan," katanya.

Pelatihan yang digelar pihak kecamatan mendatangkan narasumber langsung dari RSUD Pringsewu.

"Kita melatih perwakilan dari Pekon yang nantinya mereka bisa jadi narasumber di Pekon untuk memfasilitasi kalau ada pasien suspek Covid yang meninggal saat sedang isoman di rumah," papar Parwanto.

Selain itu lanjut Parwanto, sejauh ini pihaknya juga sudah mendorong pekon untuk mengalokasikan 8 persen dari dana desa untuk keperluan penanganan Covid-19.

"Kami juga rutin menggelar operasi yustisi di pasar. Karena di sini ada pasar yang memiliki hari pasaran. Sekaligus memantau pelaksanaan resepsi pernikahan," tegasnya. 

Pemantauan dilakukan lantaran di zona merah Covid-19, pernikahan hanya diperbolehkan dengan menerapkan prokes maksimal 10 orang.

"Dan pesta pernikahan maksimal 25 persen dari kapasitas. Tapi sangat disarankan untuk menunda resepsi pernikahan di wilayah zona merah," tutup Parwanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00