Memasuki Puncak Musim Kemarau Cuaca Di Lampung Terasa Lebih Dingin

KBRN, Bandarlampung: Cuaca yang cukup dingin belakangan ini yang terasa saat malam dan pagi hari masih dalam batas normal mendekati puncak musim kemarau yang diperkirakan akan mulai terjadi pada awal Agustus mendatang.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Hariyanto, Rabu(28/07/21), mengatakan, cuaca dingin yang terjadi beberapa hari belakangan ini merupakan fenomena biasa dimana daerah lampung mulai memasuki puncak musim kemarau.

Ditambahkan Rudi, ada beberapa faktor yang menyebabkan cuaca cenderung lebih dingin saat ini diantaranya adanya monsun australia yang membawa udara dingin dari benua australia ke benua asia, disamping itu kondisi awan yang relatif lebih sedikit menyebabkan sinar matahari yang turun ke bumi langsung dipantulkan kembali ke langit tanpa dipantulkan kembali ke bumi jika terdapat gumpalan awan.

"Fenomena yang disebut masyarakat umum sebagai bediding ini lanjutnya diperkirakan akan terjadi hingga puncak musim kemarau yang diprediksi terjadi pada awal Agustus hingga September mendatang," ujar Rudi.

Terkait potensi terjadinya fenomena hujan es di daerah dataran tinggi disaat keadaan yang lebih dingin ini, Rudi menjelaskan, dengan kondisi saat ini sangat kecil kemungkinan terjadi, apalagi curah hujan mendekati puncak musim kemarau diperkirakan semakin sedikit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00