Konseravsi Air, Haruskan Semua Pihak Jaga Sumber Daya Air

KBRN Bandarlampung, kebutuhan air yang semakin meningkat akan mengakibatkan ketersediaan air semakin berkurang. Untuk itu, melakukan konservasi air menjadi solusi yang dapat dilakukan agar ketersediaan air tetap terjaga hingga masa mendatang.

Melakukan konservasi air menjadi solusi yang dapat dilakukan agar ketersediaan air tetap terjaga di masa mendatang. Menurut Akademisi Universitas Lampung jurusan Teknik Sumber Daya Air Ofik T. Purwadi, krisis air yang terjadi beberapa waktu belakangan bukan hanya disebabkan oleh musim kemarau melainkan karena kurangnya resapan air dan penggundulan bukit-bukit.

"eksploitasi terhadap sumber daya air yang terjadi saat ini sudah sangat memprihatinkan sementara ketersediaan air semakin menipis", jelas Ofik T Purwadi (28/07/2021).

Saat ini ketersediaan air yang paling kritis yakni air permukaan seperti sungai serta sumber air permukaan lainnya. Jika kondisi tersebut terus terjadi menurut Ofik T. Purwadi tidak dapat dipungkiri kebutuhan air yang semakin meningkat akan mengakibatkan ketersediaan air semakin berkurang.

"melakukan konservasi air menjadi solusi yang dapat dilakukan agar ketersediaan air tetap terjaga hingga masa mendatang", tegas Ofik T. Purwadi.

Lebih lanjut Ofik T Purwadi mengatakan air yang sebelumnya merupakan barang sosial saat ini sudah menjadi barang ekonomis yang dinilai dengan uang. Ofik T. Purwadi kembali mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan air secara bijak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00