DAMAR Lampung Desak Vaksinasi COVID – 19 Pada Anak Segera Direalisasikan

KBRN, Bandarlampung, Lembaga Advokasi Anak (LAda) DAMAR  mendesak kepada pemerintah daerah di Provinsi Lampung agar segera melaksanakan vaksinasi kepada anak-anak rentang usia 12 hingga 17 tahun.

Percepatan vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak sangat penting, sebab sejak dua pekan terakhir di bulan Juli 2021 tren kasus konfirmasi positif COVID-19 terhadap anak di Lampung meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun dokter spesialis anak di 15 kabupaten/kota mencatat, setidaknya sudah ada 350 anak di Lampung yang terpapar COVID-19", jelas Direktur Eksekutif LAdA DAMAR Lampung, Sely Fitriani (26/07/2021).

Menurut Sely Fitriani, pemerintah kabupaten/kota harus segera merealisasikan vaksinasi untuk anak-anak dan menjadikan sebagai kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19. Terlebih dampak pandemi COVID-19 sudah tentu sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa, sehingga seharusnya kebijakan pengendalian pandemi harus memiliki perspektif perlindungan hak anak dan memastikan kualitas hidup anak di masa krisis kesehatan. Salah satunya dengan segera melaksanakan vaksinasi anak usia 12 hingga 17 tahun, sesuai dengan Surat Edaran tentang vaksinasi Tahap 3 Bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum dan Vaksinasi Anak Usia 12 hingga 17 tahun.

Terkait masih banyaknya penolakan dari orang tua untuk anaknya divaksinasi, Sely Fitriani mengatakan salah satu tugas Pemerintah Daerah adalah mengedukasi masyarakat  khususnya orang tua tentang pentingnya vaksinasi COVID-19 pada anak harus terus dilakukan secara masif. Menurutnya, adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bukan menjadi hal ataupun alasan yang mengahambat proses pelaksanaan vaksinasi kepada anak-anak.

"justru dalam masa PPKM ini Pemda harus meningkatkan dan memperluas jangkauan vaksinasi dengan disertai informasi yang jelas dan komprehensif kepada masyarakat", pungkas Sely Fitriani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00