Polda Lampung Terjunkan 2.346 Personil Dalam Operasi Ketupat Krakatau 2021

KBRN, Bandarlampung: Sebanyak 2.346 personil Polda Lampung dan Polres jajaran diterjunkan dalam Operasi Ketupat Krakatau 2021.

Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, seusai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2021, Rabu (05/05/21), mengatakan, operasi ini dilaksanakan selama 12 hari dari tanggal 06-17 Mei 2021.

Operasi itu dikatakannya, bertujuan melakukan pengamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya kepada umat muslim yang akan merayakan hari raya idul fitri.

Pada lebaran tahun ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dan melaksanakan shalat Id Idul Fitri di rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran dan menjadi cluster baru Covid-19.

Dalam operasi ini lanjutnya, sebanyak 2.346 personil Polda Lampung dan Polres jajaran dikerahkan.

"Ada 80 pos yang didirikan, 9 pos penyekatan batas provinsi, 1 pos terpadu, 9 pos pelayanan dan 61 pos pengamanan yang berfungsi sebagai chek point penyekat antar kabupaten," ujar Mingrum Gumay.

Sementara Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno, mengatakan, tindak kriminalitas yang biasanya akan meningkat saat libur panjang seperti ini akan menjadi prioritas utama pihaknya untuk diantisipasi.

Terkait pengamanan tempat wisata yang tetap dibuka saat ini, Kapolda mengatakan, hal itu sudah dirumuskan dalam rapat koordinasi dengan stackholder terkait, pihaknya akan mendirikan pos-pos pengamanan untuk memantau pengunjung agar patuh protokol kesehatan.

"Untuk jalur-jalur tikus, selain 9 pos yang didirikan, kemarin juga ada kesepakatan dengan berbagai pimpinan daerah, di daerah-daerah ada mendirikan pos penyekatan-penyekatan, pada dasarnya begini, ini kan operasi kemanusisan yang faktor utamanya ada administrasi kesehatan yang harus dipenuhi pemudik, kalo pemudik lokal kita masih ada toleransi sedikit lah," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00