Angka Stunting Di Lampung Mengalami Penurunan Signifikan

Riana Sari Arinal. Foto :// Nett

Deskripsi Gallery

KBRN, Bandar Lampung : Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung bersama leading sector terkait terus melakukan upaya maksimal dalam menakan angka Stunting di seluruh wilayah Lampung.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal kepada RRI mengatakan, upaya pencegahan stunting oleh TP PKK Provinsi Lampung dilakukan dengan 2 pendekatan, yaitu Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif.

Pendekatan intervensi Gizi Spresifik dan Intervensi Gizi Sensitif terserbut terkait dengan pemenuhan gizi bagi anak dan ibu hamil, hingga dengan pola asuh keluarga dan sanitasi layak.

Lebih lanjut dikatakan, pentingnya mencegah Stunting pada anak balita karena sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit khususnya penyakit tidak menular sampai menurunkan tingkat produktifitas dimasa yang akan dating. 

Riana Sari Arinal mengungkapkan, program yang dilakukan TP PKK Provinsi Lampung bersama leading sector dalam menekan angka Stunting di Lampung, dinilai cukup berhasil.

Hal itu terbukti dari penurunan angka Stunting di Lampung, dari 26,26 persen angka Stunting pada tahun 2019, mengalami penurunan menjadi 18,15 persen pada tahun 2021.

Bahkan angka Stunting di Provinsi Lampung berada dibawah angka Stunting nasional yang mencapai 24,4 persen.

' Kita menggunakan 2 metode dalam menekan stunting, yang pertama Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif. Alhamlillah bersama  kerjama yang baik dengan seluruh stakeholder, dengan metode pendekatan ini angka stuntin di Lampung menurun," jelasnya (4/8/2022).

Lebih lanjut dikatakan Riana Sari Arinal, mulai tahun 2022 ini, Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung memiliki program inovasi Desa/Kelurahan Model Konvergensi Stunting sekaligus Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. 

Program dan pembinaan kelembagaan menurutnya minimal harus berjalan di tingkat pemerintahan terendah, mulai dari proses pendataan, posyandu, PAUD, pelayanan KB, kelompok wanita tani, serta peningkatan ekonomi keluarga.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Indra Achmad
  •   Tanggal : 04 Agu 2022

Share this

FOTO LAINNYA