SSR TB Kota Bandar Lampung Ajak Masyarakat Dan Pemerintah Cegah Penularan TBC Pada Anak

tbc.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Bandar Lampung : Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkolosis Sedunia (HTBS) secara global. Setiap tahunnya, HTBS menjadi momen untuk semua pihak menunjukkan komitmennya kembali dalam mendukung eliminasi TBC di dunia termasuk di Indonesia.

Tuberculosis atau TBC merupakan salah satu penyakit kronis yang berbahaya bagi kesehatan. Dalam hal ini, TBC terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang organ pernapasan paru-paru.

Orang yang menderita kondisi ini biasanya mengalami berbagai gejala yang berhubungan dengan sistem pernapasan, mulai dari gejala batuk, batuk darah, hingga nyeri dada atau rasa nyeri saat bernapas

Koordinator Sub-Sub Recipient (SSR) TBC – HIV Aisyiyah Kota Bandar Lampung Pristi Wahyu Diawati mengatakan, sebagai salah satu jenis penyakit berbahaya, dibutuhkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dengan baik mengenai penyakit ini.

Hal ini menurutnya bukan tanpa alasan, hingga saat ini TBC masuk kedalam 5 besar penyakit yang menyebabkan kematian. Mirisnya lagi menurtnya, pada tahun 2020, tercatat 698 kasus TBC, 10 persen dari kasus tersebut terjadi pada generasi anak. Sehingga lanjut Pristi Wahyu Diawati, sangat tepat tema peringatan Hari TBC Sedunia tahun, yaitu Setiap Detik Berharga,  Selamatkan Bangsa Dari Tuberkolosis.

“Dari data kami selama tahun 2020, di Kota Bandar Lampung tercatat 698 kasus TBC, dan yang mengejutkan 64 pasiennya adalah anak. Ini cukup menghawatirkan kita semua,”paparnya (24/03/2021).

Lebih lanjut Pristi Wahyu Diawati mengatakan, meski telah banyak kemajuan yang dicapai dalam penanggulangan Tuberkolosis, saat ini Indonesia masih menghadapi tantangan yang cukup berat dalam program  pengendalian penyakit ini.

Sehingga perlu penguatan manajemen program dan layanan serta adanya komitmen, respon dan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, penilaian demi tercapainya target penanggulangan Tuberkolosis.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Indra Achmad
  •   Tanggal : 24 Mar 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00