Antisipasi Dan minimalisir Dampak Bencana, Pemkab Lambar Optimalkan Desa Tangguh Bencana

desa_tangguh_bencana.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Bandar Lampung : Sebagai salah satu daerah di Provinsi Lampung yang memiliki potensi terjadinya bencana alam, khususnya saat memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi maupun meminimalisir  dampak dari bencana alam.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lampung Barat Hidayatullah kepada RRI mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mengantisipasi maupun meminimalisir  dampak dari bencana alam, adalah dengan membentuk Desa Tangguh Bencana.

Bahkan hingga tahun 2020 menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah membentuk 10 Desa Tangguh Bencana yang tersebar dibeberapa Kecamatan diwilayah tersebut.

Selain mengotimalkan Desa Tangguh Bencana, BPBD Kabupaten Lampung Barat juga lanjut Hidayatullah, telah mengirimkan surat peringatan dini keseluruh Kecamatan, untuk diteruskan keseluruh Desa, agar mewaspadai berbagai potensi bencana alam yang dapat terjadi pada saat musim hujan tahun ini.

“Kami akan mengoptimalkan Keberadaan Desa Tangguh Bencana dalam mengantisipasi terjadinya bencana sekaligus dan meminimalisir dampak yang timbul akibat bencana alam,”jelasnya (23/3/2021).

Sementara itu Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Lampung Barat, Agus Dhrama Putra mengatakan,  terkait dengan Pandemi Covid 19 yang hingga saat ini belum ada tanda akan mereda, maka PMI juga mengoptimalkan Desa Tangguh Bencana dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Corona.

Efektivitas Desa Tangguh Bencana dalam penanggulangan dan pencegahan Pandemi Covid 19, karena menurutnya mengingat, Pandemi Covid 19  saat ini juga merupakan bagian dari bencana non alam .

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Indra Achmad
  •   Tanggal : 23 Mar 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00