40 Tahun Tak Berfungsi Irigasi di Kecamatan Baradatu Way Kanan Akhirnya Segera Diperbaiki

img_20200103_wa0040_750x375.jpg
40 Tahun Tak Berfungsi Irigasi di Kecamatan Baradatu Way Kanan Akhirnya Segera Diperbaiki

Deskripsi Gallery

KBRN,Way Kanan: Sudah selama 40 tahun tak berfungsi saluran irigasi dikecamatan baradatu Way Kanan akhirnya segera diperbaiki,kegiatan sosialisasi peningkatan daerah irigasi way umpu saluran sekunder dari wilayah balai besar  pengairan sungai Mesuji way sekampung digelar.

Dalam sosialisasi tersebut dipimpin dan dihadiri  oleh derektorat bbws Mesuji sekampung AniRahayu, pihak perusahaan PT.Rahmat Sejati kso,Camat Baradatu dan sepulu kepala kampung dan satu lurah.

Diketahui lahan seluas 5-6 m dari saluran irigasi sekunder yang sesuai dengan ukuran lahan milik Negara seluas 50 m akan dibebas lahan kan sebelum dimulainya pengerjaan.

sebanyak 7 titik saluran irigasi sekunder diantaranya saluran sekunder banjar Negara,setia Negara,talang kota agung,solo,merapi,talang semidang,dan saluran sekunder besay dengan panjang saluran 17,5 km ditargetkan rampung September 2021 ini.

Beberapa bangunan dibebas lahankan yaitu 16 rumah di Sekampung Setia Negara,saluran sekunder  Tiyuh Balak pasar dan 7 bangunan permanen,serta  4 unit bangunan permanen didaerah Gedung Batin.

Ani rahayu kepada RRI.co.id mengatakan bahwa semua jaringan sudah dibebaskan secara sertifikat,untuk saluran sekunder ini sebenarnya warga harusnya tau aturan yang tertuang melalui Perpres dan Surat Edaran bahwasannya saluran ini ada sempadan saluran. dengan adanya aturan sepadan saluran itu masyarakat tidak diperbolehkan membangun dan mendirikan bangunan diatas tanah irigasi.

"semua jaringan sudah dibebaskan secara sertifikat,untuk saluran sekunder ini sebenarnya warga harusnya tau aturan yang tertuang melalui Perpres dan Surat Edaran bahwasannya saluran ini ada sempadan saluran. dengan adanya aturan sepadan saluran itu masyarakat tidak diperbolehkan membangun dan mendirikan bangunan diatas tanah irigasi." Jelas Ani

Camat baradatu Desta Budi Rahayu menjelaskan irigasi ini sebetulnya sudah cukup lama dan menjadi keluhan banyak masyarakat,bagi masyarakat yang terdampak pihaknya berharap mudah mudahan masyarakat sadar bahwa yang mereka tempati itu memang bukan lahan yg seharusnya mereka tempati karena itu memang hak milik Negara.

"irigasi ini sebetulnya sudah cukup lama dan menjadi keluhan banyak masyarakat,bagi masyarakat yang terdampak pihaknya berharap mudah mudahan masyarakat sadar bahwa yang mereka tempati itu memang bukan lahan yg seharusnya mereka tempati karena itu memang hak milik Negara." Jelas Rahayu

Lebih lanjut dirinya menjelaskan irigasi sekunder semestinya membantu perairan diarea persawahan milik warga, diharapkan oleh pihaknya rencana ini akan menjadikan kec.baradatu sebagai lumbung padi kab.Way kanan kedepannya.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Teddy Heriyanto
  •   Tanggal : 25 Peb 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00