Kampung Sri Rezeki Salah Satu kampung di Way Kanan yang berhasil dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa

gambar_bumdes.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN,Way Kanan: Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menerapkan 4 program prioritas untuk meningkatkan produktivitas desa. Alokasi dana desa bisa digunakan untuk membiayai program tersebut di mana salah satu programnya ialah pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Saat ini di Way Kanan terdapat 121 BUMDes yang aktif dari 221 kampung yang ada,dukungan dari dana desa terus berlanjut memberikan bantuan modal untuk unit usaha yang dikelola BUMDes yang aktif sesuai potensi kampung masing-masing.

Kampung Sri Rezeki  Kecamatan Blambangan Umpu  Kabupaten Way Kanan adalah salah satu kampung yang berhasil dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga mendapat juara 3 pada lomba Bumdes  tingkat provinsi  tahun 2019 yang bergerak dibidang pengelolaan air bersih.

Kepala Bumdes Mandiri Pangan Sejahtera Kampung Sri Rezeki, M.Jahidin mengatakan Ketika terjadi kemarau warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air besrih, Sehingga lanjutnya Masyarakat harus mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga dengan memanfaatkan genangan air disungai, Dengan dasar itulah M.Jahidin melalui musyawarah kampung mengusulkan pembuatan sumur bor,yang akhirnya dikelola oleh bumdes.

'' Ketika terjadi kemarau warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air besrih, Sehingga lanjutnya Masyarakat harus mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga dengan memanfaatkan genangan air disungai, Dengan dasar itulah M.Jahidin melalui musyawarah kampung mengusulkan pembuatan sumur bor,yang akhirnya dikelola oleh bumdes''Jelas M.Jahidin.

Sementara itu Kepala Kampung Sri Rezeki Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, Lukmadi menjelaskan pembuatan sumur bor merupakan usulan dari warga, karena ketika terjadi kemarau warganya sangat sulit mencari air bersih sehingga warganya harus pergi jauh ke sungai untuk mencari sumber

Lukmadi juga mengatakan dengan adanya sumur bor yang telah dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana desa masyarakat sangat terbantu ,dan untuk pengelolaannya diserahkan ke Bumdes. air.

'' Pembuatan sumur bor merupakan usulan dari warga, karena ketika terjadi kemarau warganya sangat sulit mencari air bersih sehingga warganya harus pergi jauh ke sungai untuk mencari sumber, Dengan adanya sumur bor yang telah dibangun dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana desa masyarakat sangat terbantu ,dan untuk pengelolaannya diserahkan ke Bumdes. air ''Jelas Lukmadi.

Di sisi lain dengan adanya Bumdes yang bergerak dibidang pengelolaan air bersih tersebut manfaatnya sangat dirasakan oleh warga kampung setempat, Seperti halnya yang disampaikan oleh Hadi, Dirinya mengatakan semenjak adanya bumdes yang mengelola air bersih dikampungnya sangat merasakan manfaatnya,mengingat sebelum adanya sumur bor yang dikelola oleh bumdes tersebut dirinya bersama warga lain sangat sulit untuk mendapatkan air bersih terutama ketika musim kemarau.

''Dengan adanya Bumdes yang bergerak dibidang pengelolaan air bersih manfaatnya sangat dirasakan oleh kami selaku Warga, Karena semenjak adanya bumdes yang mengelola air bersih dikampung, kami ini sangat merasakan manfaatnya, Karena sebelum adanya sumur bor yang dikelola oleh bumdes tersebut dirinya kami sangat sulit untuk mendapatkan air bersih terutama ketika musim kemarau pak''.Papar Hadi.

Lebih Lanjut Hadi mengatakan Banyak hal yang sudah dirasakan, dengan adanya Anggaran dana desa terutama bagi perekonomian desa sehingga dirinya berterima kasih kepada pemerintah pusat atas program yang telah diberikan.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Teddy Heriyanto
  •   Tanggal : 29 Jan 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00