AIMI Lampung Dorong Semua Pihak Berperan Lebih Untuk Mendukung dan Mengedukasi Menyusui

KBRN, Bandarlampung: Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Daerah Lampung (AIMI Lampung) dorong semua pihak berperan lebih dalam memberikan dukungan dan edukasi menyusui. Hal ini disampaikan Upi Fitriyanti selaku Ketua AIMI Lampung melalui rilis dalam rangka puncak acara Pekan Menyusui Dunia Tahun 2022.

Pekan Menyusui Dunia Tahun 2022 yang mengambil tema "Berperan Lebih Untuk Menyusui: Dukungan & Edukasi", dirayakan oleh AIMI Lampung bertempat di Tugu Adipura Bandar Lampung pada Minggu pagi 7 Agustus 2022 dengan melakukan aksi payung putih, membuka layanan konseling menyusui dan MPASI. Selain itu AIMI Lampung juga bekerjasama dengan Lampung Menggendong membuka konsultasi menggendong.

"Kami mengapresiasi untuk seluruh pihak yang selama ini sudah memberikan dukungan dan edukasi menyusui mulai dari tenaga kesehatan (Nakes), fasilitas kesehatan (Faskes), tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi/komunitas dan masyarakat", ujar Upi.

Namun Upi mengungkapkan dukungan yang selama ini ada perlu ditingkatkan lagi dikarenakan PR kita dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak masih belum selesai. 

"Maka kami perlu mendorong agar pihak-pihak yang selama ini telah memberikan dukungan dan edukasi menyusui untuk memberikan peran lebihnya", tegas Upi. 

Peran lebih dapat dilakukan mulai suami/ayah bayi dan keluarga sebagai pendukung utama bagi ibu menyusui dirumah,  tenaga kesehatan perlu berkomitmen dalam memberikan dukungan yang tepat dan komprehensif demi keberhasilan ibu menyusui anaknya dengan menjalankan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM), Tokoh Agama bisa menyampaikan pesan positif menyusui melalui dakwahnya, masyarakat bisa mempromosikan terkait menyusui, organisasi masyarakat bisa mempromosikan bahwa menyusui adalah bagian dari menjaga lingkungan karena tidak menimbulkan sampah, publik figure bisa memberikan contoh baik dalam pengasuhan melalui kegiatan menyusui yang dilakukan. 

AIMI Lampung berharap dengan peran lebih yang diberikan semua pihak untuk dukungan dan edukasi menyusui maka dapat meningkatkan angka ibu menyusui di Provinsi Lampung dan menyusui juga dari berbagai riset dapat mencegah stunting. Hal ini sebagai wujud kontribusi kita untuk mewujudkan Lampung Berjaya karena generasi masyarakat Lampung yang sehat, cerdas dan gemilang berkat dukungan dan edukasi menyusui

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar