Kondisi Hutan dan Kwalitas Indeks Lingkungan Hidup

KBRN, Bandar Lampung : Direktur Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung Irfan Tri Musri kepada RRI menyatakan apresiasinya terhadap upaya konkirit pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Kota, yang telah melakukan upaya dalam perbaikan fungsi kawasan hutan.

Hal itu menurutnya terbukti dengan berkurangnya angka kerusakan hutan di Lampung yang mencapai luas total 1 juta 4 ribu 735 hektar.

Menurutnya dari total luas hutan di Lampung tersebut, saat ini mengalami penurunan kerusakan kawasan hutan menjadi 37 persen, dibandingkan kerusakan hutan 5 tahun silam yang mencapai 53 persen.

Namun demikian Irfan Tri Musri menyatakan, hingga saat ini Indeks Kualitas Lingkungan Hidup di Provinsi Lampung yang meliputi tiga variabel yakni, Indeks Kualias Air, Udara dan Kehidupan Lahan masih rendah.

Sehingga menurutnya, seluruh pemerintah Kabupaten Kota memiliki PR besar dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup diwilayahnya masing-masing, khususnya yang termasuk dalam variabel Indeks Kualitas Lingkungan Hidup

"Indeks Lingkungan Hidup di Lampung masih berada dibawah rata-rata nasional. Ini menjadi PR kita bersama," ujarnya (3/7/2022).

Disisi lain Irfan Tri Musri mengatakan, Walhi Lampung menilai, salah satu yang menjadi kendala dalam perbaikan fungsi kawasan hutan di Provinsi Lampung adalah kurangnya sinergitas program pelestarian hutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Padahal lanjut Irfan Tri Musri, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Lampung 2019-2024, telah tertuang program perbaikan lingkungan hidup, termasuk perbaikan kembali fungsi kawasan hutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar