BMKG Minta Masyarakat Pesisir Lampung Waspasa Gelombang Rob Bulan Juni Mendatang

Ilustrasi tinggi gelombang

KBRN, Bandar Lampung : Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 23 Mei 2022, masyarakat Semarang Jawa Tengah dikejutkan dengan terjadinya fenomena alam gelombang tinggi atau banjir Rob, yang menggenangi beberapa daerah di Pesisir Semarang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Stasiun BMKG Maritim Panjang, Lampung, Raden Eko ketika dikonfirmasi RRI mengungkapkan, feonomena alam banjir rob yang beberapa hari lalu melanda wilayah Semarang, juga terjadi diwilayah Provinsi Lampung.

Namun menurutnya untuk wilayah Lampung, fenomena ketinggian air laut atau banjir rob yang merupakan siklus alam bulanan, telah terjadi pada tanggal 15 hingga tanggal 19 Mei lalu.

Namun pada bulan Mei ini banjir rob yang melanda wilayah Pesisir Lampung tidak memiliki dampak separah yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah.Stasiun BMKG Maritim Panjang menurutnya, mempekrirakan banjir rob akan terjadi diwilayah Pesisir Lampung pada bulan Juni sekitar tanggal 12 hingga 16, dan Bulan Juli pada tanggal 11 hingga 15.

"Kalo untuk bulan ini siklus gelombang rob dipesisir Lampung telah terjadi, namun dampaknya tidak separah kejadian di Semarang,"ungkapnya (25/5/2022).

Lebih lanjut dikatakan Raden Eko, sebagai wilayah yang beberapa daerahnya berada Pesisir, maka fenomena alam banjir rob tersebut dapat menjadi peringatan agar masyarakat khususnya yang menempati wilayah Pesisir, dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Namun menurutnya, BMKG akan tetap memberikan informasi peringatan dini kepada leading sektor terkait yang dapat diteruskan kemasyarakat, jika potensi bencana banjir rob dan gelombang tinggi diperkirakan akan menerjang wilayah Pesisir Lampung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar