Sempat Buron, Polsek Penengahan Berhasil Amankan Grandong

IAN alias Grandong, pelaku penggelapan sepeda motor/ist
Barang bukti satu unit sepeda motor yang diamankan dari Grandong

KBRN, Lampung Selatan: Polres Lampung Selatan mengamankan Ian alias Grandong (33) warga Desa Rawi, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Kamis (23/9/2021).

Grandong ditangkap dikediamannya lantaran diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna biru putih dengan plat nomor  BE 4829 OL milik korban Gozali (51) Desa Blambangan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan pada 26 Oktober 2017 lalu.

"Pelaku ditangkap Tim Unit Reskrim Polsek Penengahan tanpa melakukan perlawanan di rumahnya," jelas Kapolsek Penengahan Iptu Setyo Budi Howo, SH mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin, S.IK, SH, M.Si, Jumat (24/9/2021) 

Dia menjelaskan Grandong ditangkap dan menjadi DPO Polsek Penengahan melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan satu unit sepeda motor milik korban.

"Grandong ini DPO, setelah sebelumnya melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor milik Gozali, warga Desa Blambangan, Kecamatan Penengahan, pada 29 Oktober 2017 lalu," paparnya.

Adapun modus yang digunakan pelaku lanjut Kapolsek, yakni dengan pura-pura meminjam kendaraan yang dibawa Cepi Reza (anak korban) bersama rekannya saat duduk di pinggir lapangan Desa Rawi, Kecamatan Penengahan, dengan alasan akan mengantar rekannya Amin dan Ridwan ke Kalianda.

"Namun saat ditunggu beberapa jam pelaku tidak kunjung datang, sehingga korban akhirnya melaporkan kejadiannya ke Mapolsek Penengahan," tegas Kapolsek.

Kepada penyidik Grandong mengaku kendaraan milik korban sudah digadaikan sebesar Rp1 juta kepada Andi, warga Desa Lubuk, Kecamatan Kalianda.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 372 dan 378 KUHP. Saat ini pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolsek Penengahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00