KSKP Bakauheni Tangkap Pelaku Penyelundupan Satwa Dilindungi

KBRN, Lampung Selatan: Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin SH.,S,Ik.,M.Si melalui Kepala KSKP Bakauheni AKP Ridho Rafika mengungkapkan, Kamis, 23 September 2021 sekira pukul 05.30 WIB di Areal pemeriksaan pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dilakukan pemeriksaan terhadap 1 (satu) unit kendaraan warna hitam nopol BE 1474 BL yang dikendarai oleh M.Asril.

"Saat petugas kami melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut, di dalamnya kedapatan mengangkut, membawa atau mengirimkan 13 (tiga belas) ekor monyet yang diduga tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah yang diletakkan di dalam bagasi belakang kendaraan yang ditutupi tumpukan berisi tas penumpang," ungkap Kepala KSKP Bakauheni AKP Ridho Rafika, Jum'at (24/9/2021).

AKP Ridho melanjutkan, berdasarkan keterangan dari M. Asril monyet tersebut diangkut dari pinggir Jalan Kali Balok, Bandarlampung dan akan dibawa atau dikirimkan ke Jakarta Selatan dan Surabaya, Jawa Timur.

"Saat dilakukan pengecekan ternyata ditemukan 7 ekor monyet ekor panjang, dan paket 6 ekor monyet jenis beruk yang akan dikirim ke Surabaya. Pengemudi mendapat upah angkut sebesar  Rp1.100.000.- (satu juta seratus ribu rupiah). Selanjutnya pengemudi berikut 13 ekor monyet diamankan dan dibawa petugas ke kantor KSKP Bakauheni untuk dimintai keterangan dan diproses lebih lanjut," pungkasnya.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan pasal 88 huruf a dan c UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00