Dukung Kegiatan Audit Syariah, Kemenag Visitasi sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Aceh Singkil

KBRN, Singkil : Dukung rencana pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia untuk melakukan kegiatan audit syariah, sebagai upaya meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas pengelolaan zakat. Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil, mulai melaksanakan visitasi sejumlah lembaga Amil Zakat (LAZ) di Aceh Singkil. Kamis (27/08/2020).

Kegiatan Visitasi terhadap lembaga Amil Zakat (LAZ) tersebut, di laksanakan tim dari Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Singkil itu, di mulai dari Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZMU) Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil. Serta akan di lanjutkan sampai kewilayahan Kepulauan Aceh Singkil.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil, melalui Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Khasiah. Membenarkan saat ini dirinya bersama tim dari Kemenag Aceh Singkil, sedang melakukan visitasi terhadap Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Baik yang sudah terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) setempat, maupun yang belum terdaftar. Seperti, Lembaga Baitul Mal dan lembaga amil zakat (LAZ) lainya.

Dengan tujuan, di sebutkan Khasiah. Ialah untuk mendorong lembaga, agar lebih profesionalisme dan akuntabilitas mulai dari pengumpulan, penyaluran atau pendistribusian serta pelaporan keuangan benar.

"Selain Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baitul Mal, kita juga melakukan Visitasi di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZMU) Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil." Sebut Khasiah

Lebih lanjut Khasiah mengatakan, melalui kegiatan visitasi yang di lakukan Kementerian Agama (Kemenag) terhadap Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Ia menyebutkan, kedepan pihaknya akan melakukan pembinaan secara terus menerus. Baik dari sisi administrasi, maupun tentang program - program yang akan di laksanakan dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) itu sendiri.

" Kemudian, selain meninjau program dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) itu sendiri, kita juga memastikan seluruh administrasi lembaga masih terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag)."Tambahnya

Kemudian Khasiah juga mengungkapkan, dengan program tepat sasaran, di pastikan melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, bisa bersinergi dan membantu pemerintah untuk pengentasan kemiskinan di Aceh Singkil.

Serta di tegaskan Khasiah, selain berencana menginventarisir semua lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Dirinya juga bertekad, kedepan di rencanakan melalui Kementerian Agama (Kemenag) setempat, akan melakukan pelatihan bagi pengurus lembaga Amil Zakat (LAZ). Sehingga pengelolaan Zakat di Kabupaten Aceh Singkil bisa menjadi lebih baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00