Pandemi, Jumlah Hewan Qurban justru meningkat

Geuchik Gp. Cot Bau" Kota Sabang_Adnan Hasyim
Kesadaran kalahkan Ekonomi untuk berqurban
Sapi qurban di Sabang

KBRN, Sabang : Walau Pandemi masih berlangsung, Kesadaran Masyarakat untuk berqurban justru meningkat.

Kondisi Pandemi tidak hanya menalami keterbatasan gerak dan Sosial, Namun Ekonomi Masyarakat juga terpengaruh. Namun Demikian Kesadaran masyarakat untuk berqurban di tahun ini pada Hari Raya Idul Adha tampaknya tak surut, tapi justru meningkat.

Seperti yang terjadi di gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, untuk hari raya Qurban tahun ini terjadi peningkatann jumlah hewan Qurban. Pada tahun 2019 qurban  sapi berjumlah 32 ekor, Sementara tahun ini meningkat menjadi 35 ekor sapi dan 5 ekor Kambing.

Menurut Geuchik Cot Ba’u Adnan Hasyim, Masyarakatnya bukan berarti tidak terkena imbas pandemi, Namun karena adanya kesadaran dan kepedulian sosial cukup tinggi maka Qurban kali ini berjalan tanpa hambatan.

“Insya Allah untuk Qurban walau dalam COVID-19, Sekarang ini tidak ada hambatan, dan malahan meningkat. Tahun kemarin 30 ekor sapi, Tahun  ini meningkat menjadi 35 ekor sapi an 5 Kambing. ini belum habis lagi penambahannnya, karena masih ada beberap hari lagi.  Bisa saja bertambah. Bila dibilang ekonomi merosot memang merosot, tapi kesadaran manusianya dal;am keagamaannya, Saya meliahtnya kesitu” ujarnya Kamis (30/7/2020).

Dikatakan dalam proses pemotongan hewan qurban, masyarakat tetap diperkenankan melihat langsung prosesnya, Namun tetap menjaga protokol kesehatan, Sepeti memakai masker dan menjaga jarak. Sedangkan pembagian nantinya akan diatur oleh Kepala Jurong masing-masing.

“melaihat sapinya dipotong yang haq berqurban, dan daging yang sudah dipotong nanti akan di tumpuk di lapangan terbuka emsjid. Masing-masing di halaman yang luas ditentukan oleh jurong masing-masing” tambahnya.

Dengan terlaksananya qurban kali ini pihaknya selaku Pimpinan Desa menyampaikan Apresiasi kepada warganya yang tetap melaksanakan qurban di tahun ini. Rencananya Pemotongan Hewan qurban akan diselenggarakan pada 10 dzulhidjah 1441 H atau 1 Agustus 2020 di halaman Mesjid setempat.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00