Misi Mulia membahagiakan si miskin jelang Idul Adha

daging siap dibagikan
Warga bahu membahu memotong daging

KBRN, Sabang : Jelang Idul Adha 1441 H Tradisi Meugang tak bisa dilewatkan. Namun bagi warga kurang mampu,  hal ini menjadi beban tersendiri Karena harga daging yang tinggi.

Tradisi meugang tidak semua disambut bahagia. Bagi warga tak mampu membeli daging dengan harga tinggi menjadi beban tersendiri. Meringankan hal itu Gampong Cot Abeuk di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Punya misi mulia untuk bersama sambut Meugang dengan membagikan daging bagi warga kurang mampu. Kegiatan ini dilangsungkan justru saat Meugang pertama Rabu (29/7/2020) dan diharapkan dapat digunakan saat ber Hari Raya.

Menurut Gheucik Gampong CoT Abeuk Muhammad Nur kegiatan ini merupakan keesepakatan dengan tokoh masyarakat agar meringankan keluarga fakir miskin saat harga daging menjulang tinggi dalam suasana tradisi Meugang, Disamping kondisi daya beli yang rendah pada saat pandemi sekarang ini.

“kita memotong hewan lebih awal ini untuk membatu bagi mereka yang kurang mampu biar mereka bisa merasakan lebih dulu, jadi mereka tidak gundah untuk memasuki hari raya. Kita laksanakan di hari pertama Meugang ini lebih awal sehari agar pada Meugang kedua tidak mepet wakunya, ada kesibukan ini dan itu. Dengan hasil musyawarah juga. Ini pemotongannya 2 sapi. Kalau qurbannya di hari kedua lebaran itu 3 sapi” ujarnya Rabu (29/7/2020).

Kegiatan ini juga sekaligus bersilaturrahmi dan melaksanakan ukuwah sesama masyarakat disana. Dikatakan berdasar kesepakatan tokoh-tokoh gampong, dana yang digunakan berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) dengan target 290 Kepala Keluarga di Gampong tersebut.

“sama-sama sepenanggungan dan sama-sama senasib, dan wujudkan pengorbanan kita dengan tenaga ini untuk ibadah dan ukuwah sesama warga, jadi semua ikut peduli, ini dana nya dar ADD”tambahnya.

Amatan RRI masyarakat di desa tersebut bahu-membahu  memotong sapi yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wib Rabu (29/7/2020) pagi tadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00