Minim Pendapatan, Kuota Penerimaan Santri Binaan Baitul Mal Terkurangi

KBRN, Singkil : Minim pendapatan Zakat, Infaq dan Sadaqah ( ZIS ) Tahun ini, Baitul Mal Aceh Singkil hanya mampu tampung sebanyak 25 santri binaan.Di mana santri binaan ini natinya,  akan di Mondokan di Pesantren Babussalam Batu Lorong, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten  Aceh Singkil.

" Salah satu dampak dari minimnya pendapatan Zakat, Infaq dan Sadaqah ( ZIS ) di Kabupaten Aceh Singkil tahun ini, terpaksa kuota untuk santri Binaan Baitu Mal kita kurangi." Sebut Ali Sadikin di sela - sela peninjaun pelaksanaan ujian tes membaca Al-Qur'an yang di berikan kepada calon santri binaan Baitu Mal Aceh Singkil, Kamis (25/06/2020) di Aula Baitul Mal setempat.

Kemudian Ali Sadikin menambahkan, berkurangnya pendapatan Zakat, Infaq, dan Sadaqah ( ZIS ) di Kabupaten Aceh Singkil tahun ini, di sebabkan  karena semata - mata akibat dari Corona Virus Deasises ( Covid-19) yang masih menghantui dunia. Sehingga sebahagian besar, anggaran baik dari sumber APBN maupun APBK di peruntukan kepada penanganan pencegahan Covid-19.

" Dengan berkurangnya anggaran APBK yang di peruntukan sebagai penanganan Covid-19, Maka berkurang pulalah pendapatan Aparatur Sipil Negara ( ASN). Padahal pendapatan dana Zakat, Infaq dan Sadaqah ( ZIS ) di proleh sebagian besar dari ASN yang ada di Kabupaten Aceh Singkil." Tambahnya

Sementara itu, ketika di singgung terkait kekurangan pendapatan besaran anggka Zakat, Infaq dan Sadaqah ( ZIS ) tahun ini. Ali Sadikin mengatakan juga karena melambungnya harga emas tahun ini. Karena acuan ASN wajib Zakat, penghasilan ASN itu sendiri harus mencapai penghasilan 94 gram emas baru wajib Zakat sebesar 2,5 Persen. Penyebab lain anggaran untuk proyek di Desa dan di Kabupaten lebih banyak terserap untuk penangan Covid-19.

Lebih lanjut kekurangan Zakat, Infaq dan Saqadah ( ZIS) di Baitul Mal Aceh Singkil tahun mencapai hingga 50 persen bila di bandingkan tahun sebelumnya. Sebab  untuk tahun 2019, pendapatan Dana Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) mencapai Rp. 7 Miliar lebih. Sedangkan tahun ini, hanya di prediksikan kurang dari Rp. 4 Miliar.

" Berdasarkan hitungan tim Baitul Mal Aceh Singkil, di prediksikan pendapatam ZIS jauh berkurang dari tahun sebelumnya." Pungkas Ali Sadikin

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00