Banjir Bandang Terjang Gayo Lues, Jembatan-Rumah Rusak

KBRN, Blangkejeren : Bencana banjir bandang melanda Kabupaten Gayo Lues, Aceh dan menyebabkan satu jembatan gantung rusak disapu banjir dan sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan.

Banjir bandang serta tanah longsor itu terjadi di dua desa yaitu desa  Pepelah dan Pasir Putih di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, pada Sabtu (23/1/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas dalam keterangan mengatakan, bencana banjir bandang di Gayo Lues disebabkan karena hujan dengan intensitas yang tinggi yang terus mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

Menurut pendataan petugas di lapanga, sebut Ilyas, sejumlah rumah terdampak hingga jalan rusak dan jembatan gantung.

“Di Gampong Pepelah ada 40 unit rumah terkena material banjir dan longsor (material longsor pasir dan berbatuan). Kemudian badan jalan antara Kecamatan Blangkejeren - Pining banyak tertimbun longsor. Sementara di Gampong Pasir Putih 7 unit rumah terkena material banjir dan longsor (material longsor pasir dan berbatuan) serta satu unit jembatan gantung di gerus air, jalan menuju desa pasir putih terkena banjir,” jelas Ilyas.

Adapun korban yang terdampak lebih dari dua ratus jiwa. Sementara mereka mengungsi karena tempat tinggal mereka tertutup material terbawa arus banjir.

“Masyarakat yang terkena dampak banjir masih di tempat pengungsian. Sebagian rumah yang terkena banjir dan longsor sudah dibersihkan,” ujarnya.

BPBD Kabupaten Gayo Lues bersama Dinsos dan Muspida telah meninjau lokasi terdampak bencana dan mendirikan tenda serta  memberikan bantuan masa panik kepadan pengungsi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00