Siswa Disabilitas di Sabang belajar mengenal lingkungan di Alam terbuka

Siswa antusias belajar mengenal lingkungan_21012021
karya Siswa Disabilitas
Siswa SLBN 2 Kota Sabang belajar mengenal Alam di ruang terbuka
Kepsek SLBN 2 Kota Sabang_Nasrizal,

KBRN, Sabang : Belasan Siswa Disabilitas dari Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Sabang belajar mengenal lingkungan yang dilaksanakan di alam terbuka Kamis (21/1/2021). Kegiatan belajar di sambut antusias para siswa Istimewa tersebut.

Siswa SLBN 2 Kota Sabang menyelenggarakan belajar di luar ruangan berlokasi di Kawasan Taman bermain Sabang Fair Kota Sabang Kamis (21/1/2021). Pembelajaran di luar ruangan yang di pandu tenaga pendidik dari SLBN 2 itu juga melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya pemungutan sampah di sekitar kawasan, Menggambar, dan mengunjungi salah satu situs benteng jepang di sekitar itu.

Kepala SLBN 2 Kota Sabang Nasrizal S. Pd. I mengungkapkan sekitar 15 anak yang terdiri dari SMP kelas 1 hingga SMA kelas 1 ikut dalam kegiatan tersebut. Dia menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan alam sekitar dan mengekspresikannya dalam gambar menurut pandangan siswa.

“ini ada 15 anak dari Kelas 1 SMP sampai 1 SMA, kita ingin mereka belajar menghargai lingkungan, dan alam, Dan mengespresikan sesuai pandangan mereka ini bisa melatih mereka menjadi kebiasaan yang baik” Ungkap Kepala SLBN 2 Kota Sabang Nasrizal S. Pd. I, Kamis (21/1/2021) saat di temui RRI di lokasi.

Nasrijal mengungkapkan dalam kegiatan ini Siswa diajarkan membiasakan diri menjaga dan merawat  lingkungan dan alam sekitar sehingga timbul kesadaran secara perlahan dalam diri.

“tadi juga sudah membersihkan sampah dan nanti kita juga akan mengunjungi situs benteng jepang di sini. “ tambahnya.

Pembelajaran di luar ruangan sebutnya dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu Semesternya. Dan baru beberapa waktu ini bisa dilaksanakan kembali, Karena Pandemi melanda.

“Siswa juga di latih melaksanakan Prokes mencegah Covid-19, baik di sekolah maupun di rumah. Kami kerap  melakukan komunikasi kepada orang tua terkait prokes Covid-19 siswa selama di rumah, ini yang utama selama pandemi” akunya.

SLBN 2 Kota Sabang sendiri sebelumnya hanya menerima siswa/i jenjang SMP, Dan baru menerima Siswa/i jenjang SMA pada tahun pelajaran 2020/2021 (baru memasuki semester 2). Dia juga meminta orangtua berperan dalam ikut membekali anak dengan mendaftarkan diri pada SLBN yang ada di Sabang yakni SLBN 1 dan SLBN 2. Hal ini bertujuan melatih Siswa disabilitas untuk lebih mandiri dalam menghadapi kehidupannya kedepan.  

Sejumlah Siswa penyandang tuna rungu, Grahita dan Autis tampak antusias mengekspresikan lingkungan sekitar pada buku gambar mereka masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00