Mahasiswa USK Asal Sabang Jalankan KKN di Daerah Masing- Masing

KBRN, Sabang: 34 mahasiswa Universitas Siyah Kuala Banda Aceh asal Kota Sabang, menjalankan program kamus Kuliah Kerja Nyata (KKN), di daerah sendiri.

Dalam perjalanan KKN selam 30 hari kalender tersebut, Mahasiswa KKN diwajibkan memprioritaskan bidang pendidikan, baik dijenjang Sekolah Dasar, maupun Sekolah Menengah pertama, di samping edukasi covid dan implementasi keahlian masing- masing di masyarakat.

Demikan diterangkan perwakilan P3KKN Universitas Siyah Kuala Drs. Zulfitri, M. Biomed saat diwawancarai RRI, usai pelaksanaan serah terima mahasiswa KKN, yang dilangsungkan di lantai empat gedung sekertariat daerah Kota Sabang, Senin pagi.

“Prioritas utama pendidikan. Program yang lain bisa edukasi covid. Karena ini situasi covid jadi bole mahasiswa melakukan edukasi covid, baik kepada anak- anak atau masyarakat. Yang ke tiga itu yang sesuai dengan disiplin ilmu mereka masing- masing,” terang Zulfitri, Senin (18/01/21).

Tambahnya, kebijakan penempatan mahasiswa KKN di daerahnya masing- masing ini, juga merupakan upaya pihak kampus untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kota Sabang Drs. Zakaria, MM didampingi asisten II Sekdako Sabang Drs. Kamaruddin menyambut baik kebijakan yang dilakukan pihak Universitas Siyah Kuala ini.

“Ini memang baru pertama kali dilakukan. Putra- putri daerah ber KKN di daerah asal. Itu merupakan kebijakan yang dilakukan pihak Universitas Siyah Kuala. Di situasi pandemi seperti ini lebih aman anak- anak ini berada di daerah masing- masing. Karena kalau di daerah lain tentunya harus ikuti prokes, isolasi mandiri dan lainnya,” ucap Sekdako Sabang.

Harap Sekdako, meski seolah kembali kepada keluarga masing- masing, proses belajar di lapangan atau KKN ini, tetap dijalankan sebagai mana mestinya, guna mencukupi bekal para mahasiswa saat lulus dan kembali kepada masyarakat nantinya. RA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00