FOKUS: #VAKSIN COVID-19

32 Ribu Lebih Penduduk Aceh Singkil di Vaksin, Seribu di Antaranya Nakes

Kasie Survelen dan Imunisasi Dinkes Aceh Singkil, Rini Afrianti S.KM

KBRN, Singkil : Sebanyak  32,742 jiwa penduduk Aceh Singkil, yang di canangkan  menjadi sasaran Vaksinasi Covid-19 pada Februari 2021 mendatang, Seribu diantaranya terdiri dari Petugas Tenaga Kesehatan (Nakes).

Hal itu di sampaikan Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2p) Dinas Kesehatan Aceh Singkil, melalui Kasie Survelen dan Imunisasi. Rini Afrianti S.KM, kepada RRI, Senin (18/01/2021)

" Selain Nakes di Dinas Kesehatan dan Puskesmas, di rencanakan Petugas dari RSUD akan di Vaksin," Sebut Rini Afrianti. S.KM

Di rincikanya, untuk tahap awal pemberian Vaksin kepada Seribu orang tenaga Kesehatan (Nakes) tersebut. Antaranya lain,  masing - masing sebanyak 78 orang Nakes dari Puskesmas Singkil. Kemudian 79 orang dari Singkil Utara, 92 Nakes dari Gunung Meriah, 62 Oranga dari Simpang Kanan, 30 dari Puskesmas Kuta Tinggi, 58 dari Danau Paris, dan 62 Nakes dari Puskesmas Suro. Selanjutnya, sebanyak 44 dari  Puskesmas Singkohor, 42 dari Kuta Baharu, 29 orang Pulau Banyak, dan 21 tenaga kesehatan dari Puskesmas Pulau Banyak Bharat. Serta sebanyak 30 Nakes dari Kuala Baru. 

Lebih lanjut di Kata Rini Afrianti, selain Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan yang akan mendapatkan Vaksin Sinovac tahap awal pada Februari mendatang. Juga petugas tenaga Kesehatan (Nakes) dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di pastikan juga akan di berikan Vaksin tersebut  sebanyak 373 orang. .

" Keseluruhan Nakes yang akan di Vaksin sebenyak 1.000 orang." Tambahnya

Sementara itu, Rini juga memaparkan. Untuk saat ini tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Singkil, melalui Bidang  Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2p) terus melakukan berbagai persiapan  rencana pelaksanaan pemberian vaksin Sinovac di Aceh Singkil kedepanya. Seperti, menyediakan sarana gudang penyimpanan vaksin Sinovac di Dinas Kesehatan setempat, dan selalu berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Aceh tentang jadwal pasti pemberian vaksin di Aceh Singkil. 

" Untuk gudang vaksin, nantinya di rencanakan akan di pisah dengan vaksin lainnya." Kata Rini Afrianti

Kemudian ketika di singgung jumlah keseluruhan vaksin yang akan di terima nantinya, Rini menyebutkan, sejauh ini mereka belum mendapatkan informasi yang pasti. Akan tetapi, di jelaskan Kasie Survelen dan Imunisasi itu, setiap sasaran akan mendapatkan satu dosis persetiap vaksin. Dengan mekanisme, setiap satu orang sasaran akan mendapatkan dua kali vaksin secara gratis selama masa waktu selama 14 hari. Serta di tegaskan Rini Afrianti, dalam pemberian vaksin tersebut, tidak ada pemaksaan. Sebab, data penerima manfaat sasaran vaksin ini, sudah di keluarkan dari Kementerian Kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00