Gugah Kreativitas Siswa, SMKN 1 Sabang Gelar Expo

KBRN, Sabang: Sebagai salah satu upaya pihak sekolah dalam menggugah kreativitas Siswa, SMK Negeri 1 Sabang Gelar Kegiatan Expo pengembangan produk kreatif kewirausahaan.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sabang, Dra. Yusmiwati, M. Pd kepada RRI menerangkan, kegiatan Expo pengembangan produk kreatif kewirausahaan ini merupakan upaya pihak sekolah dalam menanamkan jiwa wisausaha kepada peserta didik, sehingga setelah menyelesaikan studi, lulusan SMK mampu dan siap untuk bekerja.

“Kebetulan SMK Sabang mendapat bantuan dari Kemendikbud. Ini juga merupakan suport bagi sekolah kita, bagi anak- anak kita, supaya anaak bisa berkarya, jadi jiwa entrepreneurs setelah mereka tamat. Jadi mandiri, Ucap Yusmiwati, Sabtu (05/12/20).

Melalui kegiatan ini Dia juga akan membuktikan kepada khalayak ramai, bahwa opini negatif lulusan SMK merupakan penyumbang pengangguran terbesar, merupakan hal yang tidak benar.

Hal serupa juga utarakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kota Sabang, Abdul Hamid, S. Pd, M. Pd. Dikatakan, Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sabang itu, merupakan suatu penghargaan bagi peserta didik yang diberikan SMK besama pihaknya.

“Kita Ingin menampilkan apa yang telah dilakukan anak- anak dan guru, agar masyarakat tau bahwa mereka sudah melakukan sesuatu untuk dirinya dan masa depannya. Sebenarnya kita ingin melaksanakan kegiatan yang besar, namun karena pandemi kita hanya bisa lakukan seperti ini,” terang Abdul Hamid.

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali dalam setahun, namun pihaknya berupaya kedepannya kegiatan serupa akan dilakukan dua hingga empat kali per tahunnya.

“Harusnya ini tidak setahun sekali seperti yang disampaikan pak Kadis, dengan lebig sering kita expos, anak- anak lebh antusias untuk melakukan sesuatu hasil karyanya, karena ada yang melihat, ada yang membeli. Itu adalah pegharargaan yang kita berikan kepada anak-anak.”

Pantauan RRI, selain memamerkan kreasi dari siswa/i SMK Negeri 1 Sabang, kegiatan Expo pengembangan produk kreatif kewirausahaan ini, juga ikut diramaikan empat jurusan dari SMK Negeri 2 Lhokseumawe, serta turut dihadiri sejumlah Kacabdin Disdik se- Aceh. RA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00