Banjir Aceh Tenggara Meluas, Jalan Lintas Aceh-Sumut Lumpuh

Jembatan terputus akibat banjir melanda Aceh Tenggara. Dilaporkan jalan lintas Aceh Tenggara-Sumut lumpuh. Dok BPBD

KBRN, Kutacane : Bencana banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara kian meluas. Dilaporkan enam kecamatan di wilayah itu terdampak banjir dan satu jembatan yang menghubungkan jalan lintas Aceh Tenggara dengan Sumatera Utara terputus. 

"Terputusnya jembatan di jalan provinsi di Desa Kane Mande, Kecamatan Leuser sehingga jalur transportasi Aceh-Sumut lumpuh total," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi di Banda Aceh, Sabtu (5/12/2020). 

Sunawardi mengatakan, banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara sejak Jumat (4/12/2020) kemarin disebabkan karena intensitas hujan yang mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari lalu. 

 "Banjir merendam 10 desa di kecamatan Lawe Bulan, Babussalam, Darul Hasanah, Lawe Alas, Lawe Sumur, dan Kecamatan Leuser," ujarnya. 

"Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan meluapnya sungai dan putusnya jembatan," sebutnya. 

Saat ini, ungkap Sunawardi, pihak BPBD dan dinas terkait telah mengerahkan alat berat ke lokasi jembatan putus untuk dilakukan upaya perbaikan agar akses jalan lintas kembali normal. 

"Masih dalam proses perbaikan dengan menggunakan alat berat. Sementara di beberapa desa air hingga kini masih tergenang," katanya. 

BPBD Kabupaten Aceh Tenggara dan Tim TRC melakukan kaji cepat, berkoordinasi dengan instansi terkait dan bersama tim gabungan dibantu masyarakat bergotong-royong membersihkan material lumpur, serta mengerahkan ekskavator ke lokasi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00