Sungai Meluap, Aceh Utara Dikepung Banjir

Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Jumat (4/12/2020). Foto : Dok BPBD

KBRN, Lhoksukon : Bencana banjir merendam tujuh desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Penyebab banjir dilaporkan karena sungai meluap. 

"Banjir dilaporkan terjadi pada hari Jumat (4/12/2020) pukul 16.00 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh Sunawardi di Banda Aceh. 

Dia menyebutkan, tujuh desa yang terendam yaitu Desa Matang Arongan, Biara Barat, Alue Papeun, Tanjong, Menuang, Teupin gajah, Tanjong Minje, dan Desa Lhok Reudeup. 

Banjir setinggi 50-70 centi meter atau setinggi pinggang orang dewasa itu merendam pemukiman penduduk dan jalan lintas. Akibatnya sejumlah pengendara terpaksa menerobos banjir. Sementara kendaraan roda dua harus dinaikkan ke rakit. 

Sunawardi mengatakan, bencana banjir yang melanda Aceh Utara akibat hujan deras melanda di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah sejak Jumat pagi.  

"Sehingga meluapnya Sungai Krueng Jambo Aye - Arakundo dan menyebabkan terjadinya banjir," ujar Sunawardi. 

Terkait dengan jumlah korban yang terdampak maupun kerusakan material masih dalam pendataan petugas. 

"Kondisi terakhir dilaporkan debit air  sungai krueng Jambo Aye, Kereto dan krueng Pirak penuh dan meningkat, besar kemungkinan kecamatan lain akan terjadi luapan ke perkarangan penduduk," katanya. 

"Masyarakat diminta waspada karena hujan di Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Bener Meriah  masih mengguyur hingga malam ini," imbau Sunawardi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00