Hindari Covid-19, Ibu Hamil Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

KBRN, Banda Aceh : Konfirmasi kasus positif covid 19 di Aceh sudah mencapai angka 8 ribu lebih, 6800 pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh. sementara Pasien yang terpapar covid-19 ini terdiri dari berbagai kalangan dan memiliki penyakit penderita termasuk ibu hamil.

Untuk pasien ibu hamil yang terkonfirmasi covid-19 sendiri tercatat ada sekitar  22 orang.  Jumlah ini terdata di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Direktur RSUDZA, Dr. dr. Azharuddin SpOT K-Spine FICS kepada RRI, Jumat (27/11/2020) menjelaskan, tidak hanya melahirkan secara normal, ada sebagian ibu hamil yang positif covid harus menjalani operasi sesar, dibantu tenaga medis yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Dan Pihaknya memastikan, layanan bagi pasien ibu hamil yang positif covid 19 terpisah dengan pasien yang tidak menderita covid-19.

Sementara itu, Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, yang juga staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh, dr. dewi karlina Rusly,  SpOG mengimbau ibu hamil, untuk lebih waspada terhadap paparan covid, mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, menghindari kerumunan serta menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

Dia menyarankan, Meskipun di tengah pandemi  covid 19, ibu hamil harus tetap melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin, setidaknya 6 kali selama masa kehamilan.

Anda juga bisa mendengarkan audio di bawah ini  : 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00