Dukung Konservasi, Pangdam IM Lepas Tukik di Pulau Banyak

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin S.I.P.,M.M melepas tukik di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

KBRN, Aceh Singkil : Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin S.I.P.,M.M., bersama Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda melepas tukik (anak penyu hijau) di Pantai Gampoeng Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (25/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan Pangdam IM sebagai bentuk dukungannya terhadap konservasi satwa dilindungi tersebut, serta dalam rangka memantau perkembangan wilayah Pulau Banyak, kepulauan eksotis yang dimiliki Aceh itu.

Sebelum melakukan pelepasan tukik, Ketua Bidang Pelestarian Penyu, M Zakir, memberikan penjelasan terkait pelestarian satwa dilindungi tersebut.

Tukik-tukik tersebut berasal dari hasil penangkaran atau penjagaan penyu yang dilakukan oleh masyarakat Gampoeng Teluk Nibung di bawah pembinaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

Anak-anak penyu tersebut dijaga ketat oleh masyarakat setempat dari gangguan predator dan pencurian telur penyu.

"Penangkaran penyu ini harus terus dilakukan, sehingga ke depan penyu dapat terus berkembang dan tidak punah," kata Pangdam IM. 

Raut senang dan bahagia terpancar dari wajah Panglima kala para tukik perlahan menjauh dari bibir pantai menuju ke laut lepas.

“Senang, menyenangkan, dan bahagia,” kata Pangdam mengungkapkan perasaannya.

Pangdam menyampaikan penyu merupakan hewan langka dan juga termasuk satwa yang dilindungi.

Ia menilai akhir-akhir ini keberadaannya sudah sangat mengkhawatirkan, bahkan sudah mendekati kepunahan.

Oleh sebab itu, Panglima berharap kepada seluruh masyarakat, untuk ikut meningkatkan rasa kepedulian terhadap kelestariannya, dengan cara tidak ikut-ikutan menangkap dan menjualnya.

“Mudah-mudahan pelestarian tukik dapat menyadarkan masyarakat sekaligus menggugah instansi lain untuk ikut melaksanakan kegiatan serupa, serta mengawasi hewan penyu dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Pulau Banyak, Mukhlis, menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Pangdam IM bersama rombongan ke daerah yang dikenal dengan wisata baharinya itu.

“Kami bangga dan ini adalah harapan besar masyarakat kami untuk bisa dikunjungi pejabat yang ada di Aceh. Mudah-mudahan dengan kedatangan Bapak Pangdam ini bisa memacu semangat masyarakat kami untuk lebih meningkatkan pariwisata yang ada di pulau Banyak ini,” katanya.

“Saya berharap dengan kunjungan Bapak Pangdam bisa membantu untuk meningkatkan akses dan fasilitas pendukung yang sudah ada saat ini,” harapnya.

Acara pelepasan tukik ini turut dihadiri Danrem 012/TU, Asintel Kasdam IM, Asops Kasdam IM, Dandim 0109/Asing, Dandeninteldam IM, Anggota DPRK Aceh Singkil, dan masyarakat setempat.

Untuk diketahui, lawatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja (Kunker) Pangdam IM ke jajaran Korem 012/Teuku Umar hingga 28 Oktober 2020 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00