Petani Aceh Besar Siap Panen Raya Musim Tanam Gadu 2020

KBRN, Kota Jantho : Setelah bekerja keras sekitar tiga bulan lebih, kini ribuan petani di Kabupaten Aceh Besar sedang bersiap-siap menyongsong panen raya musim tanam gadu tahun 2020. “Di masa pandemi ini memang sulit, namun Alhamdulilah dengan rahmat Allah SWT melalui program benih dan bajak sawah gratis bagi petani serta didukung jajaran Kodim 0101/BS, insya Allah kita akan menuai hasil.

Kabupaten Aceh Besar siap panen raya dan menjadikan Aceh Besar sebagai lumbung pangan di masa pandemi,” ujar Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, saat meninjau sawah, Selasa (15/9/2020). Untuk diketahui, penanaman padi perdana musim tanam gadu tahun 2020 di Kabupaten Aceh Besar diawali di kawasan Blang Bintang, Rabu (10/6/2020) lalu.

Penanaman perdana itu dilakukan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali bersama Pangdam IM Mayjen TNI Hasanuddin, unsur Forkopimda, sejumlah pejabat terkait lainnya. Mawardi Ali mengatakan, dampak dari Pandemi Covid-19 itu tidak hanya pada kesehatan, juga terdampak pada ekonomi. Bahkan, katanya,

Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya menjaga ketahanan pangan, untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan. Menurutnya, hasil padi yang akan segera dipanen oleh petani musim tanam gadu ini sangat baik. Aceh Besar selama ini bisa surplus hingga menopang dua daerah tetangganya yakni Kota Banda Aceh dan Sabang.

Bahkan, hingga memenuhi kebutuhan beras di luar daerah. Karenanya, Pemkab Aceh Besar berterima kasih kepada petani, yang menyelamatkan negara di sektor pangan.

Pada musim tanam gadu tahun 2020, Kabupaten Aceh Besar melakukan penanaman lahan sawah seluas 5.500 hektare tersebar di sejumlah kecamatan, ditambah 500 hektare khusus varietas IP 300 di kawasan Indrapuri yang merupakan dukungan dari Distan Aceh. Dari tanaman musim gadu ini, ditargetkan akan mendapatkan hasil sebanyak 6,5 ton per hektare.

“Syukur Alhamdulillah, panen kali ini sangat bagus. Kini, ribuan petani Aceh Besar sedang bersiap-siap untuk melakukan panen raya di tengah pandemi Covid-19,” pungkas Ir Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00